Ikuti Kami

Sambut HUT RI, 1.360 Bendera Merah Putih Akan Dipasang di Ruang Publik

Admin bulelengkab | 01 Agustus 2022 | 254 kali

Bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng dalam mendukung “Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih” serangkaian memperingati HUT RI-77 hari ini dideklarasikan melalui pembagian bendera secara simbolis oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng Gede Suyasa yang pada kesempatan ini mewakili Bupati Buleleng kepada perwakilan kepala OPD lingkup Pemkab Buleleng bertempat di Loby Kantor Bupati Buleleng, Senin (1/8).


Sebanyak 1.360 bendera merah putih hasil  donasi dari seluruh pimpinan OPD dan BUMD lingkup Pemkab Buleleng hari ini akan dipasang pada tempat fasilitas umum di beberapa wilayah di Kabupaten Buleleng selama satu bulan penuh mulai tanggal 1-31 Agustus 2022.


Bupati Buleleng dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Suyasa mengatakan bahwa bulan Agustus ini selalu dipenuhi dengan beragam perayaan khas kemerdekaan sebagai bentuk nasionalisme dan patriotisme terhadap bangsa dan negara. Disamping itu momen ini juga sebagai bentuk pemberian penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan, sehingga negara ini bisa merdeka dan dapat dinikmati sampai saat ini.


"Karena kita ikut menikmati, sehingga diwajibkan juga untuk memelihara, mempertahankan, menjaga bagaimana bangsa ini bisa bertahan dan tetap eksis dalam pergaulan dunia maupun dalam kekuatan internalnya," ucapnya.


Sekda Suyasa menambahkan, sebagai perwujudan rasa nasionalisme dalam bentuk gerakan pengibaran bendera merah putih , kesadaran masyarakat diharapkan bisa meningkat dan semakin kuat dimasa yang akan datang. Tentu peran perangkat daerah akan sangat diperlukan disini sebagai contoh kepada masyarakat dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan.


"Sehingga, ke depannya bisa menjadi tauladan yang baik dalam bersikap, bertindak maupun berpikir.  Yang nantinya dapat terlihat dalam kebijakan dan perencanaan di lingkup OPD masing-masing" tegasnya.


Oleh karena itu, pihaknya menekankan kepada OPD terkait untuk semarak lagi dalam merancang program sehingga begitu ada program gerakan semacam ini Buleleng bisa lebih siap lagi dalam pelaksanaannya. Kesiapan pemerintah daerah akan lebih dikedepankan, namun untuk sumbangsihnya sendiri akan tetap diberikan ruang juga.


"Mungkin ini perlu dipertimbangkan lagi terkait pengadaan bendera merah putih selanjutnya. Paling tidak beberapa jalan protokol dipenuhi secara masif bendera merah putih sehingga perayaan HUT RI bisa lebih semarak lagi setiap tahunnya," pungkasnya.


Dipenghujung kegiatan, acara dilanjutkan dengan penaikan bendera merah putih di depan Kantor Bupati Buleleng. (Suy)