Ikuti Kami

Antisipasi Membludaknya Pedagang Musiman Jelang Galungan,PD. Pasar Lakukan Mapping Lokasi

Admin bulelengkab | 31 Agustus 2020 | 116 kali

Dalam mengantisipasi membludaknya pedagang pada  pasar-pasar rakyat menjelang hari raya Galungan dan Kuningan yang tinggal beberapa hari lagi, pihak PD. Pasar melakukan upaya mapping lokasi khususnya pedagang musiman. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PD. Pasar Kabupaten Buleleng  Made Agus Yudiarsana, di ruang kerjanya, Senin, (31/8).

Lebih jauh terang Dirut Yudi bahwa PD. Pasar yang mengelola 14 pasar di Kabupaten Buleleng ini telah melakukan persiapan dalam mengantisipasi membludaknya pedagang-pedagang khususnya pasar Anyar Buleleng di jalan Diponogoro Singaraja agar tidak terjadi kekroditan akses lalu lintas.” Kita sudah mapping lokasi yang bisa menampung pedagang-pedagang musiman terutama pedagang canang,”jelasnya.

Lebih lanjut pemetaan mapping lokasi itu, papar Dirut Yudi jika mengacu saat perayaan Pagerwesi lalu sudah dilakukan mapping lokasi, pedagang canang yang ada disepanjang jalan Diponogoro dipindahkan di jalan Durian Selatan mulai di gerbang parkir  selatan pasar Anyar Buleleng diatur sedemikian rupa .” Pengaturan pedagang saat Pagerwesi lalu bisa tertampung dan kita bisa lihat di jalan Diponogoro tertib, tidak krodit lagi, ”ujarnya.

Terkait sinergitas dengan instansi terkait, jelas Dirut Yudi akan kembali melakukan koordinasi dengan Satpol PP, Dinas Perhubungan dan aparat kepolisian serta Satgas Gotong Royong Desa Adat Buleleng guna mengatur, mengawasi para pedagang dan pembeli untuk ketertiban dan pencegahan penularan Covid-19 di pasar rakyat dalam tatatan kehidupan era baru saat ini.” Kami minta kepada instansi terkait  komitmen gotong royong untuk mencegah Covid-19 di Kabupaten Buleleng  kembali diefektifkan termasuk dari dari Desa Adat, koordinasi ini yang akan kami lakukan kami tidak bisa bekerja sendiri, ”pintanya.

Ditambahkan terkait kegiatan di pasar rakyat lain seperti di Pasar Seririt dan Banyuasri, Dirut  Yudi menjelaskan melihat kebelakang saat pagerwesi dulu tidak ada permasalahan yang berarti, semua pedagang tertampung di lapak masing-masing dan pedagang lebih tertib disana.”Pedagang musiman pun bisa kita arahkan untuk kedalam berjualan, mudah-mudahan apa yang kita lakukan saat Pagerwesi kemarin bisa dilakukan saat Galungan nanti,”harapnya.(wdi).