Ikuti Kami

Pemkab Buleleng Optimalkan Video Conference Selama Pandemi Covid-19

Admin bulelengkab | 04 Februari 2021 | 116 kali

Pandemi Covid-19 yang tengah melanda mengakibatkan kebutuhan komunikasi jarak jauh semakin meningkat. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng mengubah pelaksanaan rapat kedinasan agar dapat  dilaksanakan dari jarak jauh atau secara virtual.

Sebagai leading sector di bidang komunikasi dan informasi di Kabupaten Buleleng, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti) merealisasikannya dengan membentuk Tim Pengelola Layanan Video Conference.

"Kami fasilitasi baik dari segi hardware maupun software, selain itu juga dari segi SDM yang bertugas untuk melakukan konfigurasi" jelas Kepala Dinas Kominfosanti Buleleng Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si ditemui di ruang kerjanya pada Kamis (2/2)

Dalam tim yang dibentuk olehnya, Suweca telah menugaskan 18 orang staf untuk menangani teknis pelaksanaannya yang meliputi bantuan layanan dan pendampingan hingga koordinasi kepada SKPD terkait serta instalasi dan konfigurasi hardware dan software termasuk melakukan pengawasan dan error handling.  Selain itu, pihaknya juga meningkatkan kapasitas sumber daya pada SKPD.

Diharapkan olehnya dari pelayanan video conference ini dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi ASN Pemkab Buleleng dalam berkomunikasi secara virtual, karena hal itu juga sejalan dengan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang juga menjadi tugas Dinas Kominfosanti Buleleng. (can).