Ikuti Kami

Empat Puluh Delapan Orang Antusias Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

Admin bulelengkab | 18 Mei 2022 | 123 kali

Ketenagakerjaan merupakan modal serius yang harus ditangani untuk mampu mengurangi tingkat pengangguran yang semakin meningkat. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Buleleng mengadakan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK). 


Pelatihan yang diselenggarakan di Aula UPTD. BLK Kabupaten Buleleng, Rabu (18/5) ini bertujuan untuk mengisi peluang kerja, serta mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri. 


Ditemui usai kegiatan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng, Komang Sumertajaya menyampaikan, dilaksanakannya kegiatan ini dilatarbelakangi karena tingkat angka pengangguran yang masih terlampau banyak dengan berbagai sebab, salah satunya terkait dengan kondisi dimasa pandemi yang membuat sebagian besar tenaga kerja dirumahkan dari pekerjaan sebelumnya. 


"Adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan pasar, serta nantinya agar dapat membuka lapangan kerja baru yang efektif menurunkan tingkat penggangguran," ucapnya. 


Ditambahkan juga, kegiatan ini berlangsung sebanyak tiga gelombang dimana kegiatan pergelombang diadakan selama 35 hari, dan untuk hari ini diikuti oleh peserta gelombang kedua dimulai dari tanggal 19 Mei sampai dengan 13 Juli 2022.


"Pelatihan ini diikuti oleh 48 orang peserta dengan program pelatihan yang diikuti, yaitu Pemeliharaan dan Perbaikan AC Rumah Tangga, Menjahit Pakaian dengan Mesin, serta Service Sepeda Motor," ujarnya. 


Sementara itu, ditemui ditempat yang sama, salah satu peserta pelatihan Kadek Yuda Wiryanata mengungkapkan, kebanggaannya mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Disnaker Buleleng ini merupakan suatu pengalaman yang dapat menambah wawasan dan meningkatkan kompetensinya terutama pada bidang Pemeliharaan dan Perbaikan AC Rumah Tangga yang diikutinya. 


Selain itu, dirinya  mengapresiasi serta berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng sudah menyelenggarakan pelatihan seperti ini. Dimana, nantinya dapat menurunkan tingkat pengangguran di Kabupaten Buleleng dan memberikan keterampilan khususnya pada industri. 


"Saya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng karena menyelenggarakan pelatihan yang bermanfaat ini, sehingga dapat menambah wawasan dan keterampilan saya guna dapat diimpelementasikan di dunia industri," pungkasnya. (Ag)