Ikuti Kami

Pemkab Buleleng Peringati Hari Pahlawan Ke-77 Sebagai Momentum Teladan Untuk Selalu Bersatu

Admin bulelengkab | 10 November 2022 | 140 kali

Melalui tema "Pahlawanku Teladanku" dengan semangat "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat", diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. 


Demikian disampaikan Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanuardana S.I.K.,M.H., dalam membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia saat menjadi inspektur upacara dalam peringatan hari Pahlawan Ke- 77, di Halaman Lobby Kantor Bupati Buleleng, Kamis (10/11).


Upacara bendera peringatan hari pahlawan ini turut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, forkopimda Buleleng, Sekda Buleleng, Undiksha, LVRI Buleleng dan seluruh pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng.


Dikesempatan ini, dalam amanat yang dibacakannya, Kapolres Dhanuardana menyampaikan dalam situasi saat ini perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu dipersiapkan dengan sungguh-sungguh. Kesiapsiagaan menghadapi bencana termasuk pandemi Covid-19 serta kelangkaan sumber daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan.


"Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang. Sekali merdeka, tetap merdeka," tegasnya.


Untuk itu, harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan. Melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kehidupan pangan dan memperkuat keragaman pangan. Mengelola sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini serta generasi mendatang dengan lebih baik lagi.


"Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena pahlawan kita telah memberikan para teladannya. Mereka pada masanya mengajarkan pada kita beragam nilai untuk kita tiru," pungkasnya.


Selain upacara bendera juga dirangkaikan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Qurastana dengan maksud dapat mengenang jasa-jasa para pahlawan Indonesia yang diikuti oleh semua peserta upacara.


Diakhir kegiatan juga dilakukan penyerahan piala bagi para pemenang lomba video pendek kreatif digital yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng.