Ikuti Kami

Patut Dicontoh, Bupati PAS Apresiasi Karya Seni dari Siswa-siswi SMP Negeri 1 Singaraja

Admin bulelengkab | 26 April 2022 | 286 kali

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengapresiasi Pameran Panen Hasil Karya dari SMP Negeri 1 Singaraja yang bertemakan Constellation : ”The Beginning” yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Singaraja, Selasa (26/4).


Acara atas inisiatif siswa-siswi kelas VII,VIII dan IX ini bertujuan untuk meningkatkan, membangkitkan semangat, apresiasi dan kreativitas bagi siswa untuk berkarya seni yang materinya terdapat dari pembelajaran seni budaya. Selain itu untuk melatih siswa bekerja kelompok dan berorganisasi sehingga siswa menjadi lebih mandiri dan lebih bertanggungjawab serta dapat dijadikan sarana hiburan dan apresiasi seni bagi siswa SMP Negeri 1 Singaraja.


Adapun jenis karya seni yang dipamerkan meliputi, lukisan, baju lukis, patung, karya tanah liat, komik, poster, cetak tera dan cetak saring. Semua hasil karya seni ini dikumpulkan dari awal semester ganjil yang sudah sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan pada kelas VII, VIII dan IX. Pameran kreativitas seni ini merupakan hasil karya tugas praktek dari materi pembelajaran seni budaya khususnya sub seni rupa.


Kehadiran Bupati PAS pada acara ini sangat disambut antusias oleh guru, siswa maupun orang tua siswa yang berkesempatan hadir. Dalam sambutannya, Bupati PAS mengatakan sangat bangga bisa hadir dalam acara ini demi kemajuan dari siswa-siswi kedepan untuk menjadi “Indonesia Hebat” yang selalu didengungkan bisa tercapai dalam kurun waktu berikutnya dan dalam tatanan penyegaran sumber daya manusia yang cukup. 


Lebih lanjut Bupati PAS mencoba mengamati ada beberapa tahapan atau fase-fase dalam mencapai karakter dan kepribadian yang cukup untuk bisa menghadapi masa yang akan datang.  Dimulai dari masa usia PAUD yang merupakan masa untuk meniru dan kecepatan daya tangkap, sehingga usia PAUD sangat penting untuk diraih dengan benar, sehingga kedepannya bisa memberikan edukasi yang terstruktur dan terukur agar bisa memberikan kontribusi berdasarkan kurikulum yang benar.


Sementara itu pihaknya juga menjelaskan dalam usia dewasa sudah pasti akan larut dengan pelajaran di sekolah, permainan dan berinteraksi dengan lingkungan. Maka perlunya edukasi dalam tatanan budi pekerti yang mungkin selama ini belum tersampaikan dengan baik dan perlu dilakukan pendekatan yang humanis dalam pembelajaran tentang tata karma, disiplin dan tata cara berinteraksi yang sopan dan baik. Mengingat perkembangan teknologi dimasa sekarang sangat tidak terkontrol dan tidak memiliki batas usianya.


Seusai memberikan sambutan, Bupati Pas didamping Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga serta Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Singaraja berkesempatan meresmikan sekaligus mengunjungi Pameran Panen Hasil Karya Seni yang ditandai dengan pengguntingan pita.


Dipenghujung, ditemui disela-sela acara Bupati PAS mengatakan acara ini merupakan langkah yang luar biasa bagaimana guru pengajar bisa paham tentang naluri dan ide-ide serta kreativitas dikalangan siswa. Ini penting, karena selama ini siswa hanya diberikan teks book saja. Dengan ini mereka bisa berkreativitas dan tau kemana arah kedepannya. 


“Ini merupakan kecerdasan pendidik untuk bisa mengarahkan siswanya yang memiliki kelebihan dibidangnya. Mudah-mudahan dengan acara seperti ini kedepan akan lahir orang yang lebih spesifik dalam bidangnya, paham terhadap beberapa hal dan mampu berkomunikasi dengan baik,” tutup Bupati PAS (mdy/lee)