Ikuti Kami

Tanggulangi Kekeringan, BPBD Buleleng Distribusikan Ratusan Ribu Liter Air Bersih

Admin bulelengkab | 07 Oktober 2020 | 117 kali

Menanggulangi kekeringan yang melanda 5 Desa di Kabupaten Buleleng, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng mendistribusikan ratusan ribu liter air bersih setiap harinya. 

Pendistribusiannya dilaksanakan bersinergi dengan Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kab. Buleleng. Demikian diungkapkan oleh Kepala Pelaksana BPBD Kab. Buleleng Ida Bagus Suadnyana saat ditemui di ruang kerjanya pada Rabu (7/10).

Lebih jauh, dijelaskan oleh Suadnyana ke-5 desa yang ditangani itu adalah Desa Madenan, Desa Sawan, Desa Selat, Desa Kaliasem, dan Desa Banyupoh. Dengan air yang didistribusikan per desa antara 20.000 hingga 30.000 liter, jumlahnya bervariasi tergantung dari kondisi geografis desa dan jarak dengan tempat mengambil air.

"Seperti di Desa Madenan, karena mengambil air harus di daerah Kubutambahan, jadi cukup jauh juga" imbuhnya.

Sedangkan untuk kondisi geografis merupakan tantangan tersendiri yang harus dihadapi, karena sebagian besar dari ke-5 desa itu berada di daerah pegunungan. Sehingga pihaknya menggunakan mobil truk tangki muatan penuh harus senantiasa berhati-hati selama pengiriman agar tidak terjadi kecelakaan.

"Terutama di pegunungan, seringkali penduduk desa turun dengan kecepatan tinggi karena tidak tahu ada truk kami yang sedang menanjak, sehingga kami khusus minta tolong dari pihak desa untuk membantu pengawalan dengan sepeda motor" jelas Suadnyana

Untuk melaksanakan distribusi air itu dengan baik, pihaknya sudah menyiapkan 3 unit mobil pengangkut air yang siap untuk digunakan setiap hari. Selain itu, jadwal pengambilan air ke pihak Tirta Hita Buleleng juga sudah diatur jadwalnya. Hal itu dilakukan untuk menghindari jam-jam padat penggunaan air oleh masyarakat sehingga tidak mengganggu pasokan air bersih mereka. 

"Jam padat itu pagi sebelum pukul 9, dan sore setelah pukul 3" sebutnya

Dengan ratusan ribu air yang sudah didistribusikan, Suadnyana berharap masyarakat dapat memanfaatkan air bersih itu dengan baik. Namun, diharapkan agar penggunaannya seefisien mungkin agar seluruh masyarakat kebagian air bersih secara merata. (cnd)