Ikuti Kami

Napak Tilas, Inspirasi Semangat Patriotisme Bagi Generasi Muda Buleleng

Admin bulelengkab | 12 November 2023 | 241 kali

Sebagai ungkapan penghormatan mendalam terhadap jasa-jasa para pahlawan serta untuk menanamkan semangat patriotisme pada generasi muda, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Buleleng menggelar Upacara Kirab Pataka, Panji-Panji dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai dari Pemerintah Kabupaten Jembrana kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng serangkaian Hari Pahlawan ke - 78 Tahun 2023 yang rutin diadakan setiap tahunnya.


Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Gede Suyasa selaku Inspektur Upacara, memimpin kegiatan ini di Lapangan Seririt, Minggu (12/11), upacara juga diawali dengan serah terima pataka yang melibatkan seluruh komponen masyarakat. Melalui arahannya, Sekda Suyasa menyoroti pentingnya merenungi sejarah, mengingatkan bahwa keberadaan generasi penerus saat ini adalah hasil perjuangan nyata para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa dan raga demi kemerdekaan NKRI.


"Dengan demikian, napak tilas ini diharapkan menjadi momen introspeksi bagi kita semua, mengajak untuk terus melanjutkan perjuangan yang telah dicapai dengan tekad kuat membangun dan mengisi hidup kita dengan hal-hal yang positif," ungkapnya.


Pihaknya menambahkan, Acara ini bukan sekadar peringatan, melainkan juga inspirasi bagi generasi muda untuk menghargai dan melanjutkan perjuangan yang telah diwariskan oleh pahlawan-pahlawan sebelumnya. Semangat patriotisme terus ditekankan sebagai pondasi kuat dalam membangun masa depan yang lebih baik.


Untuk diketahui, nantinya dari Lapangan Seririt, rangkaian napak tilas kemudian berakhir di Monumen Perang Jagaraga, menghadirkan suasana penuh refleksi dan penghargaan.


Esoknya, Pataka yang digunakan dalam upacara ini akan diamanahkan ke Pemerintah Kabupaten Karangasem, tepatnya di Lapangan Tanah Aron. Tindakan ini juga menjadi simbol kerjasama dan solidaritas antar daerah dalam menjaga dan menghargai warisan sejarah.(Ag)