Ikuti Kami

Jelang Mudik, Satgas Buleleng Beri Sejumlah Tips

Admin bulelengkab | 24 April 2022 | 143 kali

Agar mudik berjalan dengan aman, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng memberikan sejumlah tips bagi masyarakat Buleleng yang berencana untuk mudik.


Kepala Dinas Kominfosanti Buleleng Ketut Suwarmawan selaku Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng melalui rilis persnya pada Minggu, (24/4), menyebutkan agar aman dari paparan Covid-19, sebaiknya saat mudik sebaiknya memilih waktu keberangkatan yang tidak terlalu padat guna menghindari potensi kemacetan dan kerumunan.


Selain itu, kepala dinas yang akrab disapa Ketsu itu menyarankan untuk cek kesehatan sebelum berangkat mudik guna menyiapkan ketahanan diri. Vaksinasi dan boosternya juga sebaiknya sudah dilakukan secara lengkap, minimal 1 pekan sebelum mudik.


Jika setelah vaksinasi atau cek kesehatan, terungkap kesehatan diri kurang baik, maka Ketsu menyarankan sebaiknya batalkan atau tunda perjalanan mudik guna menghindari masalah kesehatan selama perjalanan.


Selama perjalanan mudik, Ketsu mengatakan sebaiknya beri jeda selama 2 atau 4 jam sekali untuk mampir beristirahat sehingga stamina tetap terjaga. Selain itu, makan makanan yang bergizi dan sehat selama perjalanan guna menjaga kondisi tubuh.


"Jangan makan di sembarang tempat, selalu perhatikan kebersihan tempat penjual makanan guna menghindari masalah tubuh akibat makanan yang kurang higienis," imbuhnya.


Terakhir namun tidak kalah penting, Ketsu meminta pemudik untuk senantiasa menerapkan prokes dan selalu menggunakan aplikasi PeduliLindungi selama perjalanan mudik. 


Sementara terkait data terkini perkembangan Covid-19, Ketsu menyebutkan pada hari ini di Kabupaten Buleleng terdapat 2 orang konfirmasi baru, sembuh 1 orang, dan dalam perawatan 5 orang. (can)