Ikuti Kami

Adopsi Strategi Kehumasan Buleleng, Kabupaten Pesawaran Lakukan Studi Komperasi

Admin bulelengkab | 24 November 2023 | 551 kali

Berbicara tentang alam, Buleleng termasuk kabupaten yang paling kaya dengan potensi alam yang dimiliki seperti hutan, danau, perbukitan dan laut yang sangat luas. Sehingga tidaklah salah jika Buleleng sering disebut daerah yang  nyegara gunung sebagai ciri khas yang membedakan Bali Utara dengan jenis-jenis objek yang ada di Bali bagian selatan. Harus diakui, dikenalnya Buleleng sebagai daya tarik wisata tidak terlepas dari peran publikasi dari awak media dan kehumasan dari jajaran pemerintahan dalam hal ini Dinas Kominfosanti Buleleng.


Atas dasar itu, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfotiksan) Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung bersama jajaran anggota Persatuan Wartawan Indoneia (PWI) Pesawaran melakukan studi komparasi ke Kabupaten Buleleng yang diterima langsung oleh Kepala Diskominfosanti Ketut Suwarmawan bertempat di Gedung PLUT Singaraja, Jumat (23/11).


Ketut Suwarmawan menyambut baik kedatangan Jajaran Kominfotiksan Pesawaran bersama awak media atas kunjungannya ke Buleleng. Baginya suatu kebanggaan Buleleng telah dipilih untuk melakukan studi tentang strategi kehumasan dan potensi yang dimiliki dari Kabupaten Buleleng, karena Pemerintah Kabupaten Buleleng dinilai telah berhasil melakukan komunikasi dengan baik terhadap masyarakat dan juga awak media. Ini merupakan salah satu wujud kolaborasi untuk memberikan layanan publikasi kepada masyarakat.


Mantan Kabag Prokom Buleleng itu menegaskan bahwa di Buleleng sendiri memiliki hubungan yang humanis kepada para awak media yang jumlahnya ada sekitar 39 awak media baik cetak maupun elektronik. 


"Selain melakukan kerjasama, kami juga menjaga hubungan kekeluargaan bersama wartawan. Sehingga jika ada mis dalam publikasi, kita bisa pertimbangkan lagi, ujarnya.


Sementara itu, Kepala Kominfotiksan Kabupaten Pesawaran yang dalam hal ini diwakili oleh Sekdis Apriya mengatakan bahwa tujuan dari studi komparasi ini tiada lain untuk mengadopsi apa yang sudah dilakukan insan kehumasan di Buleleng yang dinilai sangat proaktif dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat sehingga bisa mendapatkan banyak penghargaan yang diraih.


'Kami lihat pariwisata, seni maupun budaya di Buleleng sangat populer di media. Kami ingin tau dan adopsi hal itu bersama teman-teman di Buleleng bagaimana strategi yang diterapkan disini," ucapnya.


Selain itu, Sekdis Apriya juga sangat menyanjung tinggi kolaborasi atas kinerja media kehumasan dari pemerintah daerah Kabupaten Buleleng dalam layanan informasi yang diberikan kepada masyarakat.


Untuk diketahui, pada studi komparasi ini juga ada diskusi bersama antara PWI Buleleng dan Pesawaran serta ditutup dengan penyerahan cinderamata dan poto bersama.