Ikuti Kami

Wujudkan Penggalang Cerdas, Kreatif, Tangguh dan Berkarakter, Pramuka Buleleng Gelar Lomba Tingkat III

Admin bulelengkab | 10 November 2022 | 174 kali

Singaraja, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng melaksanakan kegiatan Lomba Tingkat III Regu Pramuka Penggalang dengan melibatkan regu-regu Pramuka Penggalang yang terbaik dari masing-masing Kwartir Ranting atau kecamatan untuk mewujudkan Penggalang Cerdas, Kreatif, Tangguh dan Berkarakter.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk perlombaan melalui perkemahan itu dibuka oleh Wakil Kwarcab Buleleng, Putu Ariadi Pribadi, Kamis, (10/11) di SMK Negeri Bali Mandara Kubutambahan ditandai dengan penancapan kapak kegiatan dan penyematan tanda peserta.


Dalam kesempatan itu, Ariadi Pribadi menyebutkan, kegiatan Lomba Tingkat pada jenjang pramuka penggalang merupakan ajang kompetisi untuk memilih regu pramuka penggalang yang terbaik, dimana LT tersebut diawali dari Gugus Depan, Ranting, Cabang, Daerah hingga Nasional.


“Lomba tingkat regu pramuka penggalang dilaksanakan secara berjenjang dan dikemas dalam bentuk kegiatan lomba yang bersifat edukatif, rekreatif, inovatif dan kompetitif serta diharapkan dapat membentuk karakter dan memotivasi kaum muda untuk berkompetisi sehat dalam meraih prestasi,"ungkap Ariadi Pribadi yang juga Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Buleleng


Pada bagian lain, Ariadi Pribadi menegaskan, Lomba Tingkat III yang dilakukan Kwarcab Buleleng lebih dikemas sebagai ajang perlombaan secara beregu dan pelaksanaannya atas dasar prinsip-prinsip dasar metodik kepramukaan.  


Selain itu, papar Ariadi Pribadi, bahwa LT III untuk pramuka penggalang ini juga sebagai evaluasi dan meningkatkan kecakapan maupun kemampuan para pramuka penggalang serta kegiatan yang dilakukan menjadi ajang seleksi regu pramuka penggalang terbaik yang akan mewakili Kabupaten Buleleng di tingkat Kwarda Bali yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 nanti. 


Sementara, Ketua Panitia LT III Kwarcab Buleleng, Made Swastawa menyebutkan kegiatan dalam bentuk perlombaan melalui perkemahan tersebut akan dilakukan selama tiga hari secara terpusat di Bali Mandara Kubutambahan.  


“Kegiatan akan berlangsung sampai sabtu mendatang dan melombakan 20 jenis mata lomba kegiatan kepramukaan maupun umum. Kegiatan lomba dilaksanakan dengan sistem base methode, terbagi dalam beberapa pos lomba baik yang bersifat individu maupun beregu,” jelasnya. 


Tercatat dalam kegiatan lima tahunan ini dengan mengusung tema kegiatan Melalui LT III Cabang Buleleng tahun 2022,Kita bentuk penggalang cerdas, kreatif, tangguh dan berkarater diikuti 128 peserta Pramuka Penggalang dari 9 Kwartir Ranting di Kwarcab Buleleng.(wd).