Ikuti Kami

Pramuka Buleleng Siap Bangun Generasi Muda Berkarakter Pancasila

Admin bulelengkab | 28 April 2024 | 381 kali

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng terus berusaha memupuk jiwa generasi muda yang berkarakter Pancasila. Salah satunya lewat kegiatan satuan karya Pramuka (Saka).


Seperti yang dilakukan Saka Bhayangkara yang berpangkalan di Polres Buleleng. Saka Bhayangkara merekrut anggota baru pada tahun 2024 ini.


Rekrutmen anggota Saka Bhayangkara itu berlangsung di Mapolres Buleleng dari hari Sabtu (27/4/2024) hingga Minggu ini  (28/4/2024).


Proses rekrutmen tersebut melibatkan 227 orang peserta dari 9 Kwartir Ranting Gerakan Pramuka (Kwarran) yang ada di Buleleng.


Dalam kegiatan tersebut, dibagikan sejumlah kegiatan yang relevan untuk membangun karakter generasi muda yang berwawasan Pancasila.


Selain itu juga diberi penjelasan mengenai kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di Saka Bhayangkara. Termasuk menjelaskan kompetensi-kompetensi khusus yang akan dilatih di saka tersebut.


Ketua Komisi Saka, Satuan Komunitas, dan Gugus Darma Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng, Cok Aditya mengungkapkan, kegiatan tersebut diharapkan menumbuhkan minat generasi muda terlibat dalam kegiatan pramuka.


“Perekrutan anggota Saka Bhayangkara merupakan langkah penting dalam membangun generasi yang tangguh dan bertanggung jawab. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat menumbuhkan semangat patriotisme dan rasa tanggung jawab sosial di kalangan generasi muda,” ujar Kak Cok Aditya.


Dengan menggandeng partisipasi dari berbagai elemen masyarakat, Polres Buleleng berkomitmen untuk terus mendukung pembentukan karakter generasi muda yang menjadi pilar utama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di masa depan.


Pada bagian lain Ketua Majelis Pembimbing Saka Bhayangkara Buleleng, AKBP. Ida Bagus Widwan Sutadi berharap peserta perekrutan mampu tanamkan sebuah proses yang membentuk karakter.


“Setiap langkah yang kita ambil memiliki arti yang mendalam. Setiap usaha, setiap percakapan, dan setiap interaksi adalah kesempatan untuk menginspirasi, menguatkan, dan menciptakan perubahan positif. Silahkan adik-adik semua untuk membentuk diri, menciptakan karakter yang baik dan jalankan segala kegiatan yang telah dirancang dengan penuh semangat, ” ujarnya.


Melalui perekrutan tersebut , Widwan yang juga Kapolres Buleleng berharap Pramuka terus mengembangkan kemampuan mereka secara individu serta berperan aktif dalam berbagai kegiatan sosial.


“Saka Bhayangkara tidak hanya sebuah organisasi, tetapi juga sebuah wadah yang berkomitmen untuk mengembangkan potensi diri, melayani masyarakat, dan mengukir prestasi. Saya percaya bahwa setiap anggota baru yang bergabung akan membawa semangat baru, kreativitas, dan dedikasi untuk menjadi bagian dari perubahan positif, ” demikian Kak Widwan.