Ikuti Kami

Peringati Bulan Bung Karno III, Bupati PAS Apresiasi Penanaman Pohon di Lokapaksa

Admin bulelengkab | 21 Juni 2021 | 224 kali

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengapresiasi kegiatan penanaman 1.000 pohon yang dilakukan di Desa Lokapaksa karena sudah tepat sasaran. Hal ini disampaikan Bupati usai melakukan penanaman pohon memperingati Bulan Bung Karno III bersama unsur Forkompinda, Pimpinan OPD, Desa Adat, mahasiswa dan pelajar pada Senin,(21/6).

 

“Jenis pohon cempaka, sirsak, juwet dan nangka sangat cocok ditanam  di daerah Lokapaksa, terlebih desa ini dan Desa Patemon  dari dulu  sudah dikenal  sebagai penghasil bunga cempaka. Makanya kegiatan ini dilakukan di sini,” ujarnya.

 

Lebih jauh dikatakan oleh Bupati yang akrab disapa PAS ini, selain kesesuaian jenis tanaman yang dipilih, masyarakat di Desa Lokapaksa paling siap untuk merawat pohon ini. “Saya tidak ingin kegiatan penanaman pohon ini hanya seremonial saja, namun harus ada komitmen untuk merawatnya, saya lihat masyarakat di Desa Lokapaksa paling siap,” terangnya. 

 

Dalam memaknai Bulan Bung Karno III ini, Bupati menjelaskan keindahan alam Indonesia, keragaman yang dimiliki Indonesia merupakan sumber inspirasi Bapak Proklamator kita yaitu Bung Karno. “Kita sebagai generasi penerus mengupayakan untuk melestarikan lingkungan, mempertahankan kekayaan alam kita yang di negeri lain tidak ada seperti kita,” tambahnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Buleleng Gede Melandrat mengatakan pihaknya tidak ada keraguan dalam melaksanakan kegiatan penanaman pohon khususnya pohon cempaka di Desa Lokapaksa. Jika dilihat dari fungsi pohon cempaka tidak hanya untuk penghijauan namun memiliki nilai ekonomis. “Harapannya ke depan agar pohon ini terus dikembangkan, dilestarikan dan menjadi destinasi tanaman cempaka yang berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat disini,” pungkasnya.

 

Senada dengan Kadis LH, Perbekel Lokapaksa I Wayan Ariadi mengatakan kegiatan ini sebagai moment bagi masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan dan alam sekitar khususnya kaum pemuda. 

 

Selain itu Perbekel Ariadi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah telah memahami kondisi alam Desa Lokapaksa yang telah memberikan bantuan pohon cempaka dan pohon lainnya, mengingat populasi pohon cempaka di Lokapaksa dan desa sekitar 10 kali lipat lebih banyak dari daerah lain. “Sekitar 200 pohon cempaka yang sudah besar ada di desa kami, tentunya secara ekonomi sangat mendukung masyarakat di desa ini,” imbuhnya.(wd)