Ikuti Kami

Kunjungan Kerja Tim Pokjanal Posyandu Kab Buleleng Ke Pokja Posyandu Mawar Desa Candisari Kec. Purwodadi Kab. Grobogan Jawa Tengan

Admin bulelengkab | 12 April 2016 | 116 kali

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan Tim Pokjanal Posyandu Kab Buleleng baik dalam pengelolaan program, strategi,  dan inovasi-inovasi berupa gebyar-gebyar yang dirancang dalam rangka meningkatkan keberdayaan pokja posyandu maka Tim Pokjanal Kab Buleleng melaksanakan kunjungan kerja ke Pokja Posyandu Mawar Desa Candisari Kec Purwodadi Kab Grobogan Jawa Tengah pada hari Minggu s/d Selasa, 3-5 April 2016.

Posyandu Mawar Desa Candisari Kec Purwodadi Kab Grobogan merupakan peraih Pakarti Utama 3 kategori Desa dalam lomba HKG PKK KB Kes tahun 2015 pada indikator pelaksana terbaik posyandu. Banyak keistimewaan yang dimiliki pokja posyandu ini sehingga mampu memperoleh penghargaan bergengsi tersebut. Salah satu diantaranya adalah masalah lahan lokasi bangunan dan proses pembangunannya. Lahan posyandu merupakan tanah wakaf (tanah yang secara Agama Islam tidak bisa diperjual belikan/dipindah tangankan) sumbangan dari Haryono pada tahun 2010. Pembangunan posyandu diitegrasikan dengan pembangunan gedung PAUD dengan dana bersumber dari APB Desa Candisari dan swadaya masyarakat serta perorangan secara sukarela bergotong royong membangunan dan merehab  posyandu.

Desa Candisari berada pada dataran rendah dan merupakan kawasan persawahan dengan jumlah penduduk 5.121 dalam 1.567 KK dengan tingkat kemiskinan 16,7%. Profesi utama penduduk adalah sebagai petani dan buruh tani serta ada beberapa menjadi TKW ke Hongkong dan Singapura. Wajib belajar 9 tahun di Desa Candisari sangatlah berhasil dimana sebesar 71,4% penduduk telah tamat SMP sederajat. Desa Candisari memiliki 4 pokja posyandu yaitu Mawar di Dusun Kebonagung, Melati Dusun Krajan, Anggrek dan Anggrek II  I  di Dusun Candidukuh dengan waktu buka diatur setiap tanggal 7, 14, 17 dan 20 setiap bulan. Beberapa langkah strategis diambil dalam rangka revitalisasi posyandu, salah satunya adalah menjadikan posyandu Gemasutra (Gerakan Masyarakat menuju sehat, sejahtera).

Dalam kunjungan ini dilaksanakan juga kunjungan ke rumah-rumah di Dusun Kebunagung Desa Candisari, hampir semua rumah terdapat tanaman obat dan sayur. Demikian pula pada kunjungan ke sawah di beberapa petak terdapat tanaman buah dan sayur. Produk khas dan andalannya adalah Kedelai, semangka, melon yang ditanam pada musim panas dan Kodok atau swike sudah menjadi ikon resmi Desa Candisari.

Sebagai akhir dari kunjungan ini tim Tim Pokjanal Kab. Buleleng menjawab kuisioner Pokjanal Posyandu Kab. Grobogan.