Ikuti Kami

Minimalisir Dampak Bencana, Kalak Ariadi Libatkan Seluruh Pihak Lakukan Kegiatan Mitigasi

Admin bulelengkab | 14 Oktober 2021 | 183 kali

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG Provinsi Bali, puncak curah hujan di Buleleng akan terjadi pada bulan Februari tahun 2022 mendatang. Terkait itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng menggelar Rapat bersama Tim Penanganan Terpadu Bencana Buleleng di Ruang Rapat Dinas Pertanian Buleleng guna melakukan langkah-langkah strategis pencegahan bencana dimusim penghujan, Kamis, (14/10).



Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Buleleng, Putu Ariadi Pribadi menerangkan bahwa dalam rangka mencegah terjadinya potensi bencana nanti dimusim penghujan, seluruh pihak terkait diminta untuk memaparkan berbagai program kerjanya. “Kami sudah petakan wilayah-wilayah di Buleleng yang memang rawan bencana untuk selanjutkan kami melakukan gerakan langsung ke lapangan. Seperti gotong-royong pembersihan aliran sungai, drainase, hingga pemotongan pohon,” jelasnya.


Kalak Ariadi mengakui bahwasannya SKPD terkait penanggulangan bencana sangat minim dalam penganggaran. Kondisi ini terjadi karena sebagian besar anggaran diprioritaskan untuk penanganan Covid-19. Terkait itu, sebelum terjadi bencana pihaknya melakukan kegiatan mitigasi bersama tim penanganan terpadu bencana. “Setelah rapat ini kami akan lansung melakukan aksi di kelurahan, kalau perlu kita lakukan kegiatan gotong-royong swadaya. Sehingga nantinya dapat mengurangi kemungkinan besar dampak atau resiko  saat terjadi bencana,” tegas Kalak Ariadi.


Selain itu, pihaknya juga berharap masyarakat Buleleng tetap waspada dan turut serta berpartisipasi melakukan kegiatan mitigasi di wilayahnya masing-masing. Seperti halnya dengan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan tidak melakukan hal-hal yang menyebabkan tanah longsor Ketika nanti musim penghujan tiba. (Agst).