Wabup Sutjidra Ajak Insan Koperasi Ubah Paradigma Kuantitas Menjadi Kualitas Baik

  • Admin Bulelengkab
  • 12 Juli 2019
  • Dibaca: 133 Pengunjung

Seluruh pegawai lingkup Pemkab Buleleng dan gerakan koperasi se-Kabupaten Buleleng padati areal Taman Kota Singaraja guna mengikuti apel Krida yang dirangkaikan dengan jalan santai peringatan HUT Koperasi Ke-72, Jumat,(12/7).

Dalam arahannya, Bupati Buleleng yang diwakili oleh Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG meminta melalui jalan santai itu seluruh gerakan koperasi di Buleleng dan khususnya insan koperasi agar selalu menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan persaudaraan sesuai amanat Undang-Undang No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Lebih lanjut disampaikan Wabup Sutjidra, menyikapi tema HUT Koperasi “Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0”, pihaknya mengajak insan koperasi untuk mengubah paradigma pemberdayaan koperasi dari kuantitas menjadi kualitas, baik dari aspek kelembagaan maupun aspek usaha. Dengan demikian, diharapkan koperasi benar-benar menjadi soko guru perekonomian dan ujung tombak dalam meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi, baik secara nasional maupun regional.

Sementara itu, Wayan Sugiarta selaku Ketua Umum Hut Koperasi menerangkan bahwa dengan diangkatnya tema reformasi total koperasi itu diharapkan seluruh gerakan koperasi mampu melakukan perubahan dan ivonasi untuk mengembangkan dan memajukan koperasi di Buleleng. 

Selain itu, Sugiarta juga menerangkan untuk pengembangan sumber daya manusia anggota koperasi, pihaknya telah melakukan Pendidikan dan pelatihan secara rutin setiap bulannya melalui kerjasama dengan instansi terkait di lingkup Pemkab Buleleng. Terkait jumlah koperasi, pihaknya mengakui dari 357 koperasi yang ada, baru 287 koperasi  yang tergolong aktif dan sehat. Kedepannya diharapkan melalui pelatihan secara rutin itu mampu menguatkan seluruh koperasi yang ada.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam kegiatan jalan santai kali ini juga dirangkaikan dengan penyerahan sembako kepada anggota koperasi yang kurang mampu dan kegiatan lomba antar koperasi. “Sebelumnya juga telah dilaksanakan berbagai kegiatan, seperti seminar, evaluasi koperasi berprestasi dan nanti puncak acaranya digelar pada tanggal 29 Juli di Laksmi Graha Singaraja,” Ujar Sugiarta.

Selanjutnya, Wabup Sutjidra didampingi Sekretaris Daerah Buleleng Dewa Ketut Puspaka, dan Wakil Ketua TP PKK Buleleng Ny. Ayu Wardhani Sutjidra melepas secara resmi acara jalan santai. (Agst).


 

Share Post :