TP PKK Desa Penuktukan Dinilai Tim PKK Provinsi

  • admin_bulelengkab
  • 01 Desember 2018
  • Dibaca: 97 Pengunjung

TP PKK Desa Penuktukan Kecamatan Tejakula yang menjadi duta Kabupaten Buleleng dalam Lomba Kesaktuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi Bali 2018 dinilai oleh Tim Penilai PKK Provinsi. Tim penilai yang diketuai oleh Nyonya Putri Koster melakukan kegiatannya pada hari Jumat,30 Nopember, dengan acara seremonial di wantilan desa setempat.

Bupati Buleleng dalam sambutan tertulis yang dibacakan  oleh Asisten II, Ni Made Rousmini, antara lain mengatakan, mengingat PKK adalah gerakan nasional untuk pembangunan keluarga melalui 10 Pokok Program Keluarga    untuk mewujudkan masyarakat yang sehatera. Karena itu diminta para perbekel agar ikut memperhatikan dan menganggarkan kegiatan PKK . Selain itu, dalam mengikuti lomba, tujuannya bukan semata-mata juara tetapi bagaimana menggerakan semua unsur masyarakat untuk berpartisipasi dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Disadari masih banyak kekurangan dalam mengembangkan gerakan PKK, namun dengan semangat kebersamaan dan gotongroyong maka semua kekurangan akan segera teratasi.

Sebelumnya Ketua TP.PKK Desa Penuktukan, Luh Indah Puspitarini Arta melaporkan dalam menyukseskan program PKK, pihaknya antaralain mengembangkan berbagai inovasi agar anggota PKK dapat mengembangkan usaha perekonomiannya maupun menjaga kebersihan dan pola hidup sehat. Sejumlah usaha yang dikembangkan melalui kegiatan UP2K adalah pembuatan kerajinan inke, kerajinan bambu, jajan dodol, minyak dan gula merah. Mengenai pemasaran, selain dipasarkan di tingkat lokal desa, juga sudah merambah kota bahkan keluar kabupaten.

Puncak sambutan disampaikan oleh Ketua TP.PKK Propinsi Bali, Nyonya Putri Koster, menyatakan lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK- Kesehatan diikuti oleh semua kabupaten dan kota di Bali. Dimana pemenangnya akan mewakili Bali ke tingkat nasional. Selain itu, terkait dengan program PKK, diminta agar terus dikembangkan dan dilaksanakan di masyarakat bukan semata dalam rangka lomba saja dan meraih juara tetapi diimplementasikan secara keseharian. Dicontohkan program “Hatinya PKK”. Sembari berkomunikasi dengan hadirin, Putri yang juga dikenal sebagai pembaca puisi yang menasional, menegaskan program Hatinya PKK yang kepanjangan dari Halaman Asri Teratur,Indah dan Nyaman, tidak hanya membuat tanaman di rumah tertata yang dpenuhi bunga saja, juga sebaiknya bermanfaat bagi keluarga untuk kepentingan sehari-hari seperti adanya sayuran dan tanaman obat keluarga. “ Ini bisa menghemat pengeluaran keluarga,” ajaknya.

Ajakan lainnya yang sempat disampaikan adalah mewujudkan salah satu progam PKK yaitu pengalaman nilai-nilai Pancasila. “ Ini wajib dilakukann oleh Ibu-ibu yaitu menanamkan nilai-nilai Pancasila bagi anak-anak bangsa kita. Karena ini yang wajib untuk diamalkan sebagai warga negara yang hidup di Negeri  Kesatuan Republik Indonesia yang dasar dan falsafah hidup kita adalah Pancasila,” ajaknya tegas disambut tepuk tangan hadirin.(st)


Share Post :