Tas Ramah Lingkungan Diminati

  • admin_bulelengkab
  • 11 Pebruari 2019
  • Dibaca: 101 Pengunjung

Ada yang menarik dalam kegiatan Pasar Pagan Lokal yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Buleleng pada hari Jumat,8/2, di Taman Kota Singaraja. Dari sejumlah  pangan lokal dan olahannya yang dijual terdapat tas ramah lingkungan di stand Dinas Koperasi UKM Buleleng. Tas dengan gambar tugu Singa Ambara Raja itu diproduksi oleh Wira Usaha Muda Singaraja, dijual dengan harga Rp.10 ribu per piece.

Menurut Kepala Dinas Koperasi UKM Buleleng, Nyoman Swatantra, tas ramah lingkungan itu dijual untuk menyukseskan pelaksanaan Pergub Bali no.97/2018 tentang Pembatasan Timbunan Sampah Plastik. Biasanya tas itu dipakai untuk membawa belanjaan, karenanya pihaknya menjual tas berbahan ramah ingkungan itu  di areal pasar tersebut. Dan benar saja, karena para pedagang tidak menyediakan tas plastik kresek, para pembeli yang adalah warga kota dan para PNS yang habis senam krida membeli tas itu. Dalam sekejap tas sebanyak 500 pcs itu habis.

Diantara pembeli tas ramah lingkunga adalah Asisten II, Ni Made Rousmini. Ia memuji tas buatan anak-anak muda itu karena desainnya dan gambarnya menarik . Selain itu ia juga mengapresiasi program pengurangan sampah plastik yang dicanangkan oleh Gubernur Bali Wayan Koster, yang juga sebelumnya sudah dicanangkan oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana. 

Sementara itu Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Buleleng, dr.Made Sukarmini,M.AP yang juga membeli tas ramah lingkungan itu bertujuan untuk memberi contoh stafnya  agar ikut membeli tas ramah lingkungan yang tidak hanya bisa dipakai hari itu, juga bisa dipakai pada hari-hari berikutnya. “ Beda tas dari plastik kresek hanya sekali pakai, lalu dibuang. Kalau tas ini bisa dipakai berkali-kali,” ucapnya tersenyum.(ags-st)

 


Share Post :