Sosialisasi KIM di Desa Tinga-tinga

  • Admin Bulelengkab
  • 12 Juni 2019
  • Dibaca: 126 Pengunjung

Melanjutkan agenda sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tahun 2019, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Diskominfosandi) Kabupaten Buleleng melakukan sosialisasi KIM di Desa Tinga-tinga, Kecamatan Gerokgak bertempat di Kantor Desa Tinga-tinga pada Rabu (12/6). Sosialisasi kali ini menghadirkan Kepala Seksi Sumberdaya Komunikasi Publik Diskominfosandi Buleleng Gede Suka Budiaman sebagai narasumber didampingi oleh Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Desa Tinga-tinga I Gusti Kompiang Darsana. Peserta yang berpartisipasi dalam sosialisasi ini terdiri dari unsur karang taruna dan masyarakat Desa Tinga-tinga.

Dalam pengarahan yang diberikan kepada peserta, Kasi Budiaman menyampaikan materi terkait pedoman dalam pembentukan dan pelaksanaan KIM. KIM yang telah dibentuk kan berperan sebagai wahana informasi bagi masyarakat Tinga-tinga. Melalui informasi yang diperoleh dari berbagai sumber, KIM dapat menerapkannya dalam berbagai aktivitas perdagangan, pertanian, dan industri untuk memajukan perekonomian desa. Kasi Budiaman berharap dengan adanya KIM kehadiran KIM diperlukan di desa untuk meningkatkan literasi masyarakat untuk mengolah segala informasi yang ada baik dari luar maupun dari dalam desa, masyarakat desa Tinga-tinga dapat memanfaatkan teknologi informasi yang ada untuk aktif memilih dan memilah segala informasi yang diterima. Kasi Budiaman menegaskan kemampuan ini wajib untuk dimiliki terutama di era keterbukaan informasi ini di mana banyak beredar berita hoax di internet dan sosial media yang tentu saja merugikan masyarakat.

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Desa Tinga-tinga I Gusti Kompiang Darsana mengapresiasi sosialisasi KIM ini. Ia mengatakan desanya memiliki banyak potensi di bidang pertanian padi maupun palawija serta perkebunan seperti tebu, durian, dan mangga. Lanjutnya, dalam mengembangkan pertanian dan perkebunan tersebut banyak kendala yang ditemui seperti pengadaan pupuk atau obat-obatan bagi tanaman. Darsana berharap, dengan adanya KIM yang dibentuk di desanya ini segala kendala yang ditemui tersebut dapat dicari solusinya. (cnd)



Share Post :