Petani dan Nelayan Buleleng Adu Kompetensi dalam Lomba KTNA TLF 2019

  • Admin Bulelengkab
  • 05 Juli 2019
  • Dibaca: 160 Pengunjung

Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng bersinergi dengan Bagian Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Kabupaten Buleleng pada Jumat (5/7) mengadakan lomba Kontak Tani dan Nelayan Andal (KTNA) yang melibatkan perwakilan KTNA dari seluruh Kecamatan se-Kabupaten Buleleng. Segmen lomba yang yang bertempat di tepi Danau Tamblingan ini meliputi Lomba Pemaparan Potensi Desa, Cerdas Cermat, dan Unjuk Tangkas bidang pertanian

Made Lely Nuryantini selaku panitia pelaksana menjelaskan tujuan dari diadakannya lomba ini adalah untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan dari KTNA dari masing-masing Kecamatan dengan lomba pemaparan potensi pertanian di daerah masing-masing. Selain itu, kompetensi para KTNA juga diuji melalui lomba cerdas cermat dan unjuk tangkas dengan materi pengetahuan seputar pertanian. “Materi soal dari teman-teman kita lintas SKPD yaitu dari Pertanian, kemudian dari Dagprin, dari KTNA, dan juga dari Perikanan” jelasnya.

Terkait teknis lomba, wanita yang menjabat sebagai Kepala Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng itu menjelaskan dari masing-masing KTNA mengikutsertakan 5 orang peserta, dengan pembagian 3 orang untuk lomba cerdas cermat, dan 2 orang lainnya masing-masing untuk lomba pemaparan dan lomba unjuk tangkas yang yang terdiri dari pemilihan bibit kopi dan ikan nila yang berkualitas.

Setelah melalui babak penyisihan hingga final, KTNA Kecamatan Sukasada berhasil meraih juara pertama dengan 1.175 poin, sedangkan KTNA Kecamatan Busungbiu di posisi kedua dengan raihan 850 poin, serta posisi ketiga diraih oleh KTNA Kecamatan Buleleng dengan nilai 800 poin.

Ajang Lomba Kali ini juga digunakan oleh KTNA sebagai persiapan pada Pekan Daerah yang diadakan KTNA Provinsi serta Pekan Nasional yang diadakan KTNA Nasional, hal itu diungkapkan Nyoman Slamet selaku Ketua KTNA Kabupaten Buleleng dan Dewan Juri pada lomba kali ini.

Slamet menambahkan, selain pada lomba ini KTNA Kab. Buleleng bersama Ekbang Setda Kab. Buleleng juga terus meningkatkan dan mengevaluasi kompetensi dari seluruh KTNA di tiap kecamatan dengan mengadakan konsolidasi, pertemuan, maupun sosialisasi terkait pertanian, perikanan, kelautan, dan perkebunan. (cnd)


Share Post :