Perkaya Jenis Ikan, Diskan Restocking Ikan Nila di Danau Buyan

  • Admin Bulelengkab
  • 06 Juli 2019
  • Dibaca: 168 Pengunjung

Dinas Perikanan Kab. Buleleng melakukan restocking atau pelepasan 10 ribu benih ikan nila ke Danau Buyan, dalam rangkaian acara hari terakhir Twin Lake Festival ke-6 Tahun 2019, Sabtu (6/7). Pelaksanaan restocking dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Perikanan Ni Made Arnika bersama kelompok nelayan Danau Buyan dengan menaiki perahu ke tengah danau.

Ditemui usai restocking, Kadis Arnika menjelaskan tujuan dari restocking ini adalah untuk memulihkan kembali kondisi persediaan ikan di Danau Buyan, yang berkurang karena keberadaan ikan zebra yang merupakan predator alami bagi ikan lainnya.

Tidak hanya pada TLF, Kadis Arnika menyebutkan pemulihan populasi ikan dengan restocking juga rutin dilakukan di seluruh danau maupun kolam yang terdapat di Kab. Buleleng baik secara berkala melalui program Dinas Perikanan, maupun bersinergi bersama pada kegiatan restocking yang digagas baik masyarakat umum maupun pelajar dan mahasiswa. "Kami selalu menyiapkan apabila ada permintaan dari masyarakat, dari lembaga-lembaga lain yang ingin memulihkan kembali ekosistem daripada danau ini" jelas Kadis Arnika. 

Kembali ke kegiatan restocking TLF, Kadis Arnika mengungkapkan alasan pemilihan ikan nila sebagai benih restocking kali ini adalah sebagai upaya pengenalan ikan nila sebagai komoditi baru yang dapat dibudidayakan oleh nelayan air tawar di Kab. Buleleng. Dengan ini, pilihan jenis ikan yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat menjadi bertambah sehingga peningkatan tingkat konsumsi ikan oleh masyarakat pun juga bertambah. "Semua ini dalam rangka menunjang daripada konsumsi ikan per kapita di Kabupaten Buleleng" pungkasnya. (cnd)


Share Post :