Peringatan Hari Jadi Pancasila, Jokowi Meminta Konsisten Merealisasikan Pancasila

  • Admin Bulelengkab
  • 01 Juni 2019
  • Dibaca: 189 Pengunjung

Peringatan Hari Pancasila diperingati dalam apel bersama seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng di halaman depan Kantor Bupati Buleleng, pada Sabtu (1/6). Apel yang diikuti oleh seluruh jajaran Pemkab Buleleng itu dipimpin oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana (PAS) selaku inspektur upacara. Usai pengibaran bendera Bupati PAS membacakan sambutan tertulis dari Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono.

Isi sambutan tertulis yang dibacakan Bupati PAS antara lain mengatakan Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus-menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih jauh dikatakan, sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Diminta kita harus mengenang dan merefleksikan momentum sejarah di mana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa. 

Selain itu, dalam peringatan hari Pancasila, kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. 

Usai upacara, dalam wawancara Bupati PAS mengajak masyarakat menjadikan Pancasila sebagai vibrasi untuk mengedepankan nilai gotong royong dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. (cnd-agst-wir)



Share Post :