Paparkan Hasil Penelitian, Balitbanginovda Buleleng Gelar Diseminasi Kelitbangan

  • Admin Bulelengkab
  • 25 November 2020

Dalam rangka menyampaikan hasil pelaksanaan penelitian atau kajian tahap akhir oleh tenaga ahli/peneliti dari Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) dan Universitas Panji Sakti Singaraja, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbanginovda) Kabupaten Buleleng melaksanakan Diseminasi Hasil Kelitbangan Tahun 2020, yang dihadiri Asisten 3 Setda Buleleng Ir. Nyoman Genep,M.T mewakili Bupati Buleleng di Hotel Puri Saron, Pemaron, Rabu (25/11).


Dalam kesempatan itu, Kepala Balitbanginovda Buleleng dr.  Wiartana,M.Kes mengatakan Desiminasi Kelitbangan tahun ini dihadiri sebanyak 38 peserta dari instansi terkait dan tim peneliti dari Undiksha dan Unipas bertujuan untuk menyampaikan hasil akhir penelitiannya dari tim ahli kepada intansi terkait untuk dijadikan pedoman dalam prioritas Rencana Kerja Pemerintah Daerah Daerah (RKPD)  terhadap isu strategis yang menjadi program/kegiatan kedepannya. “ Pemaparan hasil penelitian ini akan dibahas dan dimungkinkan untuk diberikan saran/masukan sebelum nantinya ditindak lanjuti oleh intansi terkait,” jelasnya.

Lebih jauh Kaban Wiartana menjelaskan, ada 9 topik penelitian atau kajian yang sudah dilakukan oleh tim sejak 3 bulan lalu diantaranya 1. Dampak pandemic Covid-19 terhadap UMKM, 2. Penataan system  pengelolaan sampah, 3. Pengembangan Taman Kota menjadi taman tematik, 4. Rencana induk kelitbangan, 5. Kajian”The Spirit of Sobean Buleleng”, 6. Efektifitas Program Keluarga Harapan (PKH), 7. Efektivitas Bumdesa terhadap ekonomi desa, 8. Kajian Peraturan Daerah (Perda), 9. Pembangunan system penjualan berbasis teknologi agribisnis.” Dalam penelitian ini kita libatkan orang-orang yang sangat berkompeten dibidangnya yaitu dosen-dosen dari 2 universitas di Singaraja,”ungkapnya.

Sementara itu Nyoman Genep ditemui usai membuka acara mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena di tengah pandemic Covid-19 masih dapat melakukan penelitian atau kajian. Kerjasama yang yang sudah dijalin selama ini oleh peneliti dari 2 universitas agar terus dipertahankan dengan baik.” Kerjasama ini perlu tingkatkan untuk dapat memberikan kontribusi positif guna mempercepat kemajuan dan kesejateraan masyarakat Buleleng,”ungkapnya.

Lebih jauh nyoman Genep mengatakan penelitian ini sangat penting sebagai rekomendasi atau pedoman dalam menjalankan program kegiatan kedepan agar lebih efisien, efektif dan tepat sasaran.” Hasil kajian dari penelitian ini dijadikan rumusan atau rekomendasi untuk kita jalankan dimasing-masing OPD,”jelasnya.

Selain itu Nyoman Genep juga menerangkan, pembangunan Buleleng telah menunjukkan kemajuan disegala bidang. Kedepan, permasalahan dan tantangan tentu semakin kompleks seiring perkembangan situasi dan tuntutan harapan masyarakat yang semakin meningkat pula. Untuk itu ia berharap agar kajian ini bisa bermanfaat.

Ditambahkan oleh Nyoman Genep agar rekomendasi hasil penelitian ini bisa ditindak lanjuti oleh OPD sehingga menjadi prioritas dalam mengalokasikan anggaran kedepannya. (wdi).




Share Post :