Pagelaran Kesenian Kolaborasi dari RRT dan Buleleng Dimantapkan

  • admin_bulelengkab
  • 07 Pebruari 2019
  • Dibaca: 126 Pengunjung

Pentas seni spektakuler yang memadukan kesenian Barongsay dari negeri Tiongkok dan Barong Ket dari Buleleng akan digelar pada tanggal 20 Februari mendatang di Gedung Kesenian Gede Manik Buleleng.

Untuk menyukseskan rencana pagelaran tersebut, diadakan rapat  pembentukan panitya di Kantor Dinas Kebudayaan Buleleng, Kamis, 7 februari kemarin, dengan mengundang semua pihak dari Asisten II Buleleng, sejumlah SKPD Buleleng terkait, pecalang, kepolisian, TNI, perwakilan komunitas Tionghoa, serta para seniman. 

Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng, Gede Komang mengungkapkan pagelaran kesenian itu merupakan kelanjutan dari pertemuan Konjen RRT di bulan Januari lalu dengan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana di rumah jabatan Bupati, Dalam pertemuan itu, Konjen RRT di Denpasar bermaksud mengadakan kolaborasi kesenian dalam suatu pagelaran. Ajakan itu pun bergayung sambut dari Bupati Buleleng sehingga tercetuslah rencana pementasannya di bulan Februari yang dikaitkan dengan perayaan Imlek.

Seusai rapat, Kepala Dinas Kominfosandi Kabupaten Buleleng, Ketut Suweca yang turut hadir dalam rapat itu mengatakan kepanityaan yang dibentuk oleh Disbud Buleleng melibatkan juga masyarakat China di Buleleng sehingga diharapkan penyelanggaraan pagelaran menjadi sukses.

Sementara itu, salah seorang seniman Buleleng Agung Ngurah menyambut baik pagelaran tersebut  karena Barong Say dan Barong Ket memiliki hubungan historis." Cerita tetua kami, kelahiran Baring Ket itu dari Barongsay yang terungkap dalam kisah cinta Prabhu Jaya Pangus dengan Kang Cing Wie," ucapnya. Disisi lain, pagelaran ini mengingatkan generasi muda bahwa sejak jaman dulu kerjasama budaya sudah terjalin antara pemerintah China dengan Bali.

Rencananya pagelaran tanggal 20 Februari mendatang dalam rangka kerjasama kebudayaan dan ekonomi antara Pemerintah RRT dengan Pemkab.Buleleng merayakan Imlek itu, selain menyuguhkan Barongsay dan Barongket, juga menampilkan tari Teruna Jaya kolosal, Sulap dan akrobatik yang didatangkan langsung dari negeri tirai bambu RRT. (st)


Share Post :