Lestarikan Seni dan Budaya, Disbud Buleleng Gelar Lomba Nyastra

  • Admin Bulelengkab
  • 31 Mei 2019
  • Dibaca: 250 Pengunjung

Sebagai salah satu upaya melestarikan dan mengembangkan poyensi Budaya Bali, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Buleleng menggelar Lomba Pancetokan Nyastra Bali tingkat pelajar di Gedung Sasana Budaya Singaraja, Jumat, (31/5). Lomba itu dibuka oleh Kepala Disbud Nuleleng Drs. Gede Komang, M.Si mewakili Bupati Buleleng.

Dalam kesempatan itu, Kadis Gede Komang dalam sambutan tertulis Bupati Buleleng menyampaikan kegiatan lomba itu bertujuan untuk mengkaji, melestarikan dan mengembangkan potensi Budaya Bali. Adapun tema yang diangkat , “Melarapan Antuk Pancetokan Nyastra Bali Ngiring Ajegang Lan Lestariang Basa Aksara Lan Sastra Bali”. 

Selain itu, Bupati juga mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk turut serta melestraikan seni dan tradisi budaya. Hal itu dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan keinginan sedari dini untuk mempelajari seni dan budaya Bali, sehingga harapan kedepannya demi mewujudkan generasi muda yang cinta akan seni dan budaya dapat dicapai.

Sementara itu, dari laporan panitia lomba I Made Sudiarba menerangkan lomba nyastra tingkat pelajar itu diikuti oleh lima puluh tujuh orang yang terdiri dari siswa SD, SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Buleleng. Dalam kategorinya, Sudiarba menerangkan terdapat tujuh unsur yang dilombakan antara lain, mesatua tingkat SD, nyurat tingkat SMP dan cerpen tingkat SMA/SMK. 

Sudiarba juga menambahkan, lomba nyastra merupakan upaya melahirkan benih generasi muda dalam seni dan budaya sekaligus sebagai awal persiapan menghadapi Pesta Kesenian Bali (PKB) dalam waktu dekat. 

Terkait penilaian lomba, disampaikan juga dewan juri berjumlah dua puluh satu orang dimana setiap kategori lomba terbagi atas tiga orang juri.

 Turut hadir dalam lomba itu, Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Buleleng, Beberapa Anggota DPRD Kabupaten Buleleng, Camat Se-Kabupaten Buleleng, Beberapa Anggota Listibya Kabupaten Buleleng. (wir)  


Share Post :