Ketua FORIKAN Bali Minta Setiap Kantin Sekolah Sediakan Makanan Berbahan Baku Ikan

  • Admin Bulelengkab
  • 08 Mei 2019
  • Dibaca: 175 Pengunjung

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster meminta Pemerintah Kabupaten Buleleng untuk menerapkan penyediaan makanan berbahan baku ikan pada setiap kantin sekolah di Buleleng. Hal itu disampaikan dalam acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja, Rabu, (8/5).

GEMARIKAN merupakan salah satu implementasi dari program Gubernur Bali ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’ yang bertujuan mewujudkan masyarakat yang sehat, kuat, dan cerdas berupa  pemberian makanan tambahan bagi anak sekolah.  Sehubungan dengan hal itu, Ny. Putri Koster meminta Pemkab Buleleng melalui Dinas Perikanan Kabupaten Buleleng dan pihak terkait untuk secara berkesinambungan menyuarakan gemarikan. Langkah awal yang wajib dilakukan yaitu berkoordinasi dengan pihak sekolah agar setiap kantin menyediakan makanan berbahan baku ikan, baik itu di PAUD, SD dan SMP. Dengan demikian, diharapkan tujuan GEMARIKAN untuk mewujudkan generasi sehat, kuat, cerdas kini dan nanti dapat terlaksana dengan baik. 

Sementara itu, menyikapi arahan Ketua FORIKAN Bali, Kadis Perikanan Buleleng Made Arnika mengaku secara berkesinambungan menyelenggarakan gemarikan di Buleleng. Khusus sasarannya kepada anak usia 0 sampai 10 tahun, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi kepada pihak sekolah untuk mewajibkan setiap kantin menyediakan makanan berbahan baku ika dan dalam tahap ini baru menyasar sekolah di tingkat TK/PAUD dan SD. Kedepannya, program GEMARIKAN akan berlanjut di tingkat SMP.

Lebih lanjut Kadis Arnika menegaskan, Dinas Perikanan Buleleng secara rutin melakukan kegiatan makan ikan secara gratis kepada masyarakat, terlebih lagi dalam event-event yang ada, pihaknya menggandeng UKM Buleleng untuk turut berpartisipasi dalam menyukseskan GEMARIKAN. 

Dalam kesempatan itu juga, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali Ir. I Made Sudarsana, M.Si selaku penyelenggara GEMARIKAN melaporkan bahwa kegiatan diikuti oleh 200 orang siswa dari SD N 1 Banjar Jawa, SD N 3 Banjar Jawa dan SD N 3 Kampung Baru. Tujuannya untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama anak-anak generasi penerus agar sejak dini gemar makan ikan. Adapun kegiatan GEMARIKAN kali ini dilaksanakan melalui pemberian makanan tambahan untuk anak sekolah dengan menu produk olahan ikan. (Agst).


Share Post :