Gubernur I Wayan Koster Janji Optimalkan Pemasaran Buah Lokal Bali

  • Admin Bulelengkab
  • 07 Desember 2018
  • Dibaca: 64 Pengunjung

Gubernur Bali berjanji tahun 2019 akan mengoptimalkan pemasaran buah lokal pada pasar modern maupun hotel yang ada di Bali agar petani sejahtera. Hal ini disampaikan langsung dalam acara Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke- 38 Tahun 2018 di Lapangan Ngurah Rai Singaraja, Jumat (7/12).

Gubernur Bali Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Buleleng kedepannya akan semakin baik dan maju, berbagai pembangunan telah diprogramkan dan pembangunan shortcut juga telah mulai dikerjakan. Terkait dengan pangan di Buleleng, Gubernur I Wayan Koster menjanjikan tahun 2019 akan mengoptimalkan pasar buah lokal diseluruh pasar modern dan hotel di Bali. “Tahun depan kami akan mengoptimalkan buah lokal di seluruh pasar modern dan hotel di Bali dengan mewajibkan mereka untuk menjual buah lokal Bali dan Perdanya pun sudah kami susun”, Ujar Gubernur I Wayan Koster. Selain itu, disampaikan juga kepada seluruh OPD yang ada di Bali untuk tidak serta merta menonjolkan produk pangan lokal pada event tertentu, namun mengimplementasikannya dalam keseharian, agar petani di Bali dapat merasakan kesejahteraan.

Sementara itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST dalam sambutan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Bali I Wayan Koster yang telah bekerja keras memberikan yang terbaik pada pembangunan di Kabupaten Buleleng. Bupati yang akrab disapa PAS itu juga berharap berbagai program pembangunan untuk kemajuan Buleleng yang direncakan kedepannya mampu terwujud, sehingga Bali Utara mampu bangkit sejajar dengan Bali Selatan. 

Terkait dengan peringatan HPS ke-38, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali Drh. I Wayan Mardiana menerangkan bahwa tema yang diusung dalam HPS tahun 2018 adalah “Mengoptimalkan Potensi Pangan Lokal sebagai Sumber Pangan Masyarakat Menuju Kemandirian dan kedaulatan pangan Guna Mewujudkan Nangun Sat kerthi Loka Bali”. Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat serta stakeholder terhadap pentingnya kesediaan pangan yang cukup dan bergizi, dalam rangka percepatan perbaikan gizi masyarakat. 

Selanjutnya, Gubernur Wayan Koster didampingi Bupati PAS, Wakil Bupati I Nyoman Sutjidra, Kadis Ketahanan Pangan Prov. Bali I Wayan Mardiana dan Kadis Ketahanan Pangan Buleleng Nyoman Surya Temaja membuka secara resmi acara HPS ke- 38 Tahun 2018 yang ditandai dengan pemukulan kentungan. (Agst).


Share Post :