Dishub Buleleng Ditunjuk Jadi Rujukan Uji KIR di Bali

  • Admin Bulelengkab
  • 22 Januari 2020
  • Dibaca: 467 Pengunjung

Kinerja Dinas Perhubungan Buleleng mendapat apresiasi dari Dinas Perhubungan Bali. Wujud apresiasi ditunjukan dengan ditunjuknya Dinas Perhubungan Buleleng sebagai rujukan uji KIR di Bali. Dengan demikian semua kendaraan di Bali bisa dilakukan pengujian KIR di Dishub Buleleng. Uji KIR merupakan uji kelayakan kendaraan bermotor yang berpenumpang dan barang. 

Kadis Perhubungan Kabupaten Buleleng Gede Gunawan Adnyana Putra,SE.M.Si. menjelaskan di ruang kerjanya, (22/1) ditunjuknya dinas yang dipimpinnya menjadi rujukan uji KIR di Bali disebabkan pihaknya sudah memperoleh sertifikasi dalam hal akreditasi alat uji KIR dari Kementerian Perhubungan RI. Pemberian sertifikasi itu diserahkan pada tanggal 15 Januari lalu.” Saya dipanggil langsung untuk menerima sertifikasi akreditasi itu dari Kementerian Perhubungan,” paparnya.

Pemberian sertifikasi itu, lanjut Gunawan, tak lepas dari perhatian Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana yang sangat konsen pada keselamatan, keamanan dan kelaikan kendaraan bermotor dengan memberikan anggaran untuk membeli satu alat uji KIR build up yang bernama brake tester. Pengadaan alat  yang berfungsi untuk menguji sistem kerja rem pada kendaraan bermotor ini sudah dilakukan tahun lalu, serta sudah berfungsi dengan baik. Selanjutnya, pihak Kementrian Perhubungan melakukan pengecekan kepada sepuluh alat uji KIR milik Dishub Buleleng, hasilnya terakreditasi B.

Gunawan mengungkapkan diperolehnya akreditasi B karena untuk mendapat akreditasi A semua peralatan harus sudah terkomputerisasi. Terkait ini, Dishub Buleleng sudah berupaya meraih akreditasi A dengan melakukan beberapa tahapan, antara lain, tahap persiapan alat yang sudah dipasang, personil sudah melaksanakan pendidikan, telah melakukan studi banding ke Jember. Selanjutnya adalah memohon sistem dari Kementerian Perhubungan sambil menyiapkan jaringan wifi khusus untuk pengujian pada tahun ini.

Meskipun sudah siap menerima rujukan uji KIR, Gunawan mengaku sampai kini belum ada permintaan rujukan dari kabupaten dan kota lainnya di Bali yang meminta rujukan uji KIR ke Buleleng. Namun untuk numpang uji KIR bagi kendaraan luar Bali yang mati uji KIR- nya sudah sering dilakukan di Dishub Buleleng.(wdi)



Share Post :