Cerdaskan Masyarakat dalam Bermedia Sosial Pemprov Bali Jadwalkan Literasi Media di 9 Kabupaten Kota se-Bali

  • Admin Bulelengkab
  • 21 Januari 2020
  • Dibaca: 426 Pengunjung

Guna mendidik masyarakat dalam bermedia sosial yang cerdas,baik, menangkal berita hoax dan ujaran kebencian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali melalui Dinas Kominfos Provinsi Bali bersinergi dengan Dinas Kominfo Kabupaten/kota se-Bali akan melaksanakan literasi media ditahun 2020 ini, hal tersebut diungkapkan kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfos) Provinsi Bali Gede Pramana didampingi Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Kominfos Bali Ida Bagus Ketut Agung Ludra saat membuka rapat di press room dan teleconfrence Kominfos Provinsi Bali, Selasa, (21/1).

Menurut Kadis Pramana yang baru menjabat per 2 Januari 2020 ini, mengatakan kegiatan literasi media ini yang akan menyasar masyarakat, organisasi kemasyarakatan, karang taruna, PKK bertujuan untuk mendidik masyarakat dalam bermedia sosial yang baik.

"Disinilah peran Dinas Kominfo kepada masyarakat yang saat ini sudah diberikan fasilitas wifi gratis oleh pemerintah untuk meliterasi masyarakat terhadap perkembangan media sosial,"ungkap Kadis Pramana.

Sementara itu, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfos Provinsi Bali Ida Bagus Ketut Agung Ludra menyatakan secara teknis kegiatan literasi media yang dilakukan sebanyak 18 kali tahun ini menyasar 100 orang perkegiatan akan bekerjasama dengan seluruh dinas Kominfo se-Bali sesuai dengan rencana kerja atau jadwal yang sudah dibagikan ke masing-masing Kabupaten/Kota se- Bali ditahun ini.

Terkait tema dan narasumber dalam literasi tersebut, menurut Kabid Agung pihaknya akan menggandeng pihak Polda Bali, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bali, instansi terkait dan Kepala Dinas Kominfo masing-masing wilayah di Bali sesuai dengan isu terkini, perkembangan informasi diwilayahnya serta aturan-aturan dalam bermedia sosial.

"Jika tidak berhati-hati dalam bermedia sosial, akan ada undang-undang yang mengancam seperti undang-undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE), pornografi dan KUHP (pidana), disinilah peran dan tanggung jawab pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat,"ungkap Kabid Agung.

Untuk diketahui kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se- Bali, khusus jadwal literasi Pemerintah Kabupaten Buleleng mendapat jadwal di bulan Mei dan September tahun ini.(wdi).


Share Post :