Bupati PAS Siap Dampingi LPD Buleleng Usulkan KUR

  • Admin Bulelengkab
  • 12 Juni 2019
  • Dibaca: 173 Pengunjung

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST mengaku siap bersama Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Se-Kabupaten Buleleng mengusulkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bisa dilaksanakan oleh LPD kepada Gubernur Bali. Hal itu terungkap dalam acara Musyawarah Daerah (Musda) V Badan Kerjasama (BKS) LPD Se-Kabupaten Buleleng di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja, Rabu, (12/6).

Dalam sambutannya, Bupati murah senyum itu menyampaikan bahwa kedepan LPD di Buleleng harus lebih meningkatkan lagi prestasinya dan tentunya juga semakin mensejahterakan masyarakat. Terkait itu, Bupati menyarankan melalui Musda agar dibahas usulan KUR bagi LPD. “Harapan Saya kedepan, KUR ini bisa disalurkan oleh LPD, mekanismenya seperti apa, tinggal dibuat formatnya. Saya juga minta nanti dalam hasil Musda dimasukan sisi itu untuk dicoba menghadap dengan Bapak Gubernur,” Ujar Bupati yang akrab disapa PAS itu.

Selain itu, Bupati PAS juga menerangkan bahwa LPD merupakan lembaga terdekat penyaluran dana terhadap kegiatan UKM di Kabupaten Buleleng, namun hanya terkendala berat pada suku bunga. Dengan keberadaan KUR oleh LPD, diyakini mampu meningkatkan laju perekonomian masyarakat Buleleng.

Menyikapi arahan Bupati terkait KUR, Ketua BKS Provinsi Bali Drs. I Nyoman Cendikiawan, SH.,M.Si siap mengupayakan dan segera menindaklanjuti hal itu melalui Musda. Sehingga kedepannya peran LPD benar-benar membantu krama dengan bunga yang murah, proses yang cepat dan syarat yang ringan.

Terkait Musda V, Nyoman Cendikiawan menyampaikan apresiasi atas kekompakan LPD Buleleng dalam menjaga dan mengembangkan ekonomi kerakyatan di desa adat, baik BKS maupun Lembaga Pemberdayaan (LP) LPD dari dahulu hingga sekarang. “Siapapun nanti terpilih bisa didukung oleh teman-teman sehingga bisa bekerjsama dengan BKS Provinsi dalam rangka memperjuangkan eksistensi LPD kita kedepan, “ tegasnya.

Sementara itu, saat ditemui di lokasi Musda, Ketua BKS LPD Buleleng Made Nyiriyasa menerangkan bahwa kegiatan kali ini terbagi dari beberapa acara, antara lain penyampaian pertangunggjawaban  kegiatan dan keuangan periode lima tahun serta pemilihan pengurus.

Disinggung terkait kepengurusan BKS LPD Buleleng yang baru, pihaknya mengaku tidak mencalonkan diri lagi, namun apabila nanti ditunjuk kembali, Nyiriyasa siap mengemban tugas hingga lima tahun kedepan dengan sebaik-baiknya demi eksistensi LPD di Buleleng terhadap peningkatan perekonomian kerakyatan.

Turut hadir dalam Musda, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, Kabag Ekbang Setda Buleleng Desak Putu Rupadi dan seluruh anggota LPD Se-Kabupaten Buleleng. (Agst).



Share Post :