Bupati PAS Minta Masyarakat Jaga Kelestarian Lingkungan Desa

  • Admin Bulelengkab
  • 24 Mei 2019
  • Dibaca: 121 Pengunjung

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST membuka secara resmi Pelaksanaan  Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI, yang diintegritaskan dengan Hari Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Ke-47 dan Karya Bhakti Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Tingkat Kabupaten Buleleng di Wantilan Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Jumat, (24/5).

Bupati Buleleng dalam sambutannya menyampaikan BBGRM XVI merupakan upaya untuk lebih menggelorakan semangat kesetiakawanan sosial dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan, sesuai dengan tema “Dengan BBGRM Tahun 2019 Kita Dayagunakan Peran Lembaga Kemasyarakatan Desa Sebagai Mitra Pemerintah Desa”. Dalam hal itu, Bupati yang akrab disapa PAS itu menerangkan pelaksanaan BBGRM yang diintegritaskan dengan Hari Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan dan Karya Bhakti LPM adalah salah satu wujud penghargaan kepada lembaga kemasyarakatan desa atas kerja yang sudah dilakukan dala membangun desa secara partisipatif. “Saya yakin bila seluruh komponen masyarakat mampu bersatu bergotong-royong membangun desa, kedepannya Desa Munduk akan menjadi desa yang maju,” tegas Bupati PAS. 

Namun demikian, Bupati juga meminta untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan desa, dibutuhkan komitmen tinggi untuk mengontrol pembangunan seperti villa, hotel maupun perumahan agar kondisi tanah tetap stabil sehingga tidak mendatangkan musibah kedepannya.

Sementara itu, dalam laporan Ketua Panitia yang juga merupakan Kadis Pemeberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Buleleng I Made Subur, SH menyampaikan banyak kegiatan BBGRM telah dilakukan, antara lain, kegiatan gotong royong lintas sektor, pelatihan dan penyuluhan, pelayanan E-KTP, pelayanan kesehatan dan IVA test.  Selain itu, penyerahan bantuan juga dilakukan, antara lain, bantuan sembako kepada lansia, bibit tanaman, dan bantuan bibit ikan.

Made Subur menambahkan, seluruh kegiatan yang telah dilakukan dibiayai dari APBD Kabupaten Buleleng dan ditunjang oleh swadaya masyarakat desa serta bantuan BPD Cabang Singaraja.

Selanjutnya, Bupati PAS didampingi Kadis Made Subur, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng Ny. Aries Suradnyana dan Ny. Ayu Wardhani Sutjidra serta Perbekel Desa Munduk Nyoman Niryasa menyerahkan bantuan dan hadiah kepada pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Buleleng, lanjut membuka secara resmi kegiatan dimaksud yang ditandai dengan pemukulan gong. (Agst).



Share Post :