Bupati PAS : KWT Buleleng Akan Tampil di Tingkat Provinsi

  • Admin Bulelengkab
  • 10 Mei 2019
  • Dibaca: 215 Pengunjung

Pangan Lokal yang rutin digelar Pemkab Buleleng semakin ramai, baik dari peserta maupun pembeli. Berbagai produk Kelompok Wanita Tani, UKM Buleleng dan pelajar ditampilkan didalamnya serangkaian senam Jumat Krida di Eks Pelabuhan Buleleng, (10/5).

Berkesempatan mengunjungi pasar, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST membeli beberapa hasil produk olahan pangan dan produk pertanian, diantaranya, buah pepaya, jeruk, ‘pesan’ ikan dan minyak kelapa. 

Saat disinggung terkait perkembangan pasar pangan lokal, Bupati yang akrab disapa PAS itu menyampaikan kedepannya seluruh KWT, UKM maupun pelajar harus berani tampil di pasar yang lebih luas. “Kedepannya Saya menginginkan hasil produk kita berani tampil di pasar yang lebih luas, misalnya ikut dalam pameran di Denpasar,” Ujar Bupati PAS. 

Diharapkan dengan program menuju pasar yang lebih luas, hasil produk KWT dan UKM Buleleng semakin dikenal di seluruh Bali dan secara tidak langsung akan meningkatkan penghasilan serta kondisi perekonomian masyarakat membaik.

Sementara itu, Kadis Ketahanan Pangan Buleleng drh. Nyoman Surya Temaja, MP saat ditemui dilokasi yang sama mengungkapkan pasar pangan local yang digelar setiap bulan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan itu terbukti dari ivonasi yang dilakukan KWT Buleleng dalam mengolah pangan dan tentunya juga mengutamakan kualitas terjamin menggunakan bahan alami, misalnya tomat rasa kurma, kripik dari susu kambing dan berbagai olahan lainnya. 

Menyikapi arahan Bupati terkait perluasan pasar, Kadis Surya Temaja mengaku telah melakukan koordinasi di tingkat Provinsi untuk bisa turut bergabung dalam event pasar pangan lokal. Selain itu, pihaknya juga menyampaikan dalam tahun 2019 KWT dan pengrajin Buleleng akan tampil dua kali di Tingkat Provinsi. 

Lebih lanjut Kadis Surya Temaja menerangkan, sesuai dengan petunjuk Ketua TP PKK Provinsi Bali Bunda Putri Suastini Koster,bahwa pameran produk KWT Buleleng akan diintegritaskan dengan kegiatan PKK di Tingkat Provinsi. Diharapkan melalui terobosan itu, produk olahan pangan maupun kerajinan Buleleng kedepannya semakin meningkatkan, baik dalam pasar maupun penghasilan bagi KWT. (Agst).



Share Post :