Buleleng Gelar Mecaru Tawur Balik Sumpah

  • admin_bulelengkab
  • 06 Maret 2019
  • Dibaca: 158 Pengunjung

Dibayangi hujan, upacara mecaru tawur kesanga dalam rangka perayaan Nyepi dan Tahun Baru Caka 1941 di Kabupaten Buleleng berlangsung lancar. Gelaran mecaru tingkat Kabupaten Buleleng yang dipusatkan gelarannya di Catus Pata Agung Desa Pakraman Buleleng,6/3,  dipuput oleh Tri Sadaka yaitu: Ida Bhujangga Rsi Waisnawa Kemenuh dari Geria Ewangining  Desa Temukus Kecamatan Banjar, Ida Rsi Bhagawan Rama Sogatha dari Geria Satria DalemCili Ularan Kelurahan Sukasada Kecamatan Sukasada,dan Ida Pedande Made Keniten Manu Putra dari Geria Keniten Telaga Jumpung Desa Banjar Kecamatan Banjar.

Menurut Ketua Umum Panitya Upacara, Made Wirtana kegiatan mecaru di Catus Pata Agung Desa Pakraman Buleleng adalah mecaru tingkat Kabupaten Buleleng dengan tingkat caru Tawur Balik Sumpah.”  Sebenarnya petunjuk dari PHDI Propinsi untuk caru di Kabupaten diharapkan menggelar upacara mecaru tingkat Tawur Agung atau minimal Manca Kelud. Namun karena biaya upacara mecaru tingkat Tawur Agung terlalu besar, maka panitya menggelar mecaru Tawur Balik Sumpah. Tingkatan upacara Tawur Balik Sumpah lebih tinggi dari Mance Kelud,” jelasnya.

Hadir dalam upacara mecaru yang dlanjutkan dengan persembahyangan bersama itu Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana dan Sekda Buleleng Dewa Ketut Puspaka, serta sejumlah Camat, Pimpinan OPD Buleleng, tokoh masyarakat dan warga masyarakat Buleleng.

Sore hari sekitar pukul 18.00 wita di sejumlah tempat menggelar pawai ogoh-ogoh selepas upacara tawur kesanga di pedesaan.(st)     


Share Post :