Asisten Putu Karuna Kukuhkan 249 Pengurus BUMDES

  • Admin Bulelengkab
  • 09 Mei 2019
  • Dibaca: 231 Pengunjung

Asisten Administrasi Setda Kabupaten Buleleng I Putu Karuna, SH mewakili Bupati Buleleng mengukuhkan 249 pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam acara pengukuhan forum BUMDesa Kabupaten Buleleng di Gedung Wanita Laksmi Graha, Kamis, (9/5).

Dalam kesempatan itu, Asisten Putu Karuna menyampaikan selamat kepada seluruh forum BUMDesa yang sudah di pupuhkan semoga dapat menjalankan tugas dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

Terkait dengan keberadaan BUMDES kedepannya, diminta mampu lebih mensejahterakan masyarakat desa termasuk penanggulangan kemiskinan agar selaras dengan konsep Desa Membangun, dimana pembangunan pada lokal desa dilakukan sendiri oleh desa yang bertujuan mensejahterakan masyarakat.

Selain itu, Asisten Putu Karuna juga menyampaikan BUMDesa sebagai lembaga komersial, tentunya bertujuan mencari keuntungan melalui pengelolaan sumberdaya desa yang diharapkan mampu meninggkatkan pendapatan asli desa. Ditambahkan juga, dalam upaya membangun desa yang kuat dan mandiri diperlukan sumber – sumber pendapatan yang memadai selain bantuan keuangan yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi, APBD Kabupaten.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng I Made Subur. SH dalam laporannya menerangkan maksud dan tujuan dari pengukuhan forum BUMDesa ini antara lain : untuk mengembangkan, meninggkatkan dan melindungi usaha para anggotanya, memberikan dukungan kepada para anggota untuk berinisiatif demi kemajuan usaha, dan untuk memfasilitasi segala bentuk kegiatan anggota dalam bidang usaha dan pengembangan usaha ditingkat desa, nasional, regional dan global. 

Dijelaskan juga, pengukuhan forum BUMDES merupakan awal upaya perkembangan dan kemajuan BUMDES di Buleleng. Dimana peserta pengukuhan berjumlah 249 orang yang terdiri dari 113 orang Ketua BUMDesa, 113 Orang Perbekel, 5 Orang Tenaga Ahli (TA), dan 18 orang Pendamping Desa (PD). (wir-agst-cnd)


Share Post :