Antisipasi Banjir di Musim Hujan, PUTR Buleleng Kerahkan Pasukan Air

  • Admin Bulelengkab
  • 12 Januari 2021

Pada musim hujan seperti sekarang ini, potensi terjadinya banjir di Kabupaten Buleleng tentunya hal yang wajib untuk diantisipasi. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang atau PUTR telah mengerahkan pasukan air atau petugas pengawas drainase ke titik-titik yang rawan terjadi banjir. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas PUTR I Putu Adiptha Ekaputra saat ditemui di ruang kerjanya pada Senin (11/1).

Lanjut Adiptha, pasukan air yang total berjumlah 85 orang itu dikerahkan untuk lebih siap siaga di saat musim hujan terutama jika hujan di malam hari. Nantinya jika terjadi banjir, pasukan air akan segera dikerahkan pada titik-titik banjir untuk mengatasi area yang tergenang banjir agar cepat kembali normal.

"Prioritas kami adalah mengurangi lama genangannya, agar jalan-jalan yang digenangi tidak cepat rusak" jelas Adiptha.

Tidak hanya mengandalkan pasukan air, pihaknya juga selalu bersinergi dengan instansi terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Pemerintah Kecamatan Buleleng dalam mengatasi perilaku buruk membuang sampah sembarangan. Karena Ia mengakui banyak terdapat sampah-sampah bahkan yang berukuran besar yang mengotori drainase.

"Bahkan tidak jarang di drainase ditemukan ada kasur, ada kursi kayu, ada gelondongan kayu, macam-macam," sebutnya.

Ke depannya, Adiptha berharap dengan sinergitas yang telah dilakukan, semua permasalah yang ada dapat segera diatasi sehingga banjir pada musim hujan kali ini dapat dikurangi secara signifikan. (can)

Share Post :