Road Barrier Beton: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Harga

  • Bagian Layanan Pengadaan
  • 14 Maret 2019
  • Dibaca: 41 Pengunjung
Road barrier beton (concrete barrier) merupakan salah satu jenis beton pracetak yang berfungsi sebagai pembatas jalan yang dirancang untuk konstruksi permanen. Sesuai dengan definisi dan namanya, road barrier beton terbuat dari elemen komposit beton.
Road barrier beton sendiri adalah salah satu jenis road barrier yang sering digunakan untuk jalan arteri ataupun jalan tol yang berfungsi membantu tugas kepolisian dalam menjaga keamanan lalu lintas, apalagi di jalanan yang rawan kecelakaan dan macet. Dibandingkan dengan jenis lainnya, road barrier berbahan beton memiliki standar keamanan untuk diaplikasikan di jalan manapun.

Sedangkan untuk road barrier plastik dan baja biasanya dikhususkan untuk konstruksi yang bersifat sementara. Karena sifatnya yang sementara ini, road barrier didesain sedemikian rupa sehingga ia tidak mudah bergerak ataupun bergesar saat terkena terpaan angin dan juga tabrakan kendaraan.

Di jalanan kini kemacetan sudah menjadi hal biasa. Apalagi jika di kota besar seolah-olah hal itu sudah sangat bersahabat. Seringkali hal ini menjadi masalah yang rumit bagi para polisi lalu lintas untuk mengatur jalan. Sedangkan salah satu solusi untuk mengatur jalan sehingga mengurangi kemacetan dan bahaya kecelakaan adalah dengan menggunakan road barrier.

 Hasil riset dan studi ukuran road barrier beton yang mempu menjaga stabilitas posisi road barrier beton saat terjadi tabarakan adalah 800 mm untuk tinggi, 450 mm lebar bagian bawah, 1000 mm untuk penjangnya dan 100 mm lebar bagian atas.

Proses pembuatan setiap balok road barrier beton adalah dengan cara dicetak menggunakan alat cetak, sehingga ukuran antara satu dengan yang lain seragam dengan presisi yang tinggi. Hal ini akan mempermudah saat pemasangannya untuk mencapai ketepatan yang diinginkan.

Fungsi Road Barrier Beton

  1. Road barrier beton biasanya diaplikasikan untuk dua hal, yaitu sebagai alat pengatur lalu lintas jalan raya dan pembatas pada lahan parkir dan jalan umum. Dengan menggunakan road barrier, keamanan lalu lintas lebih terjaga, berkurangnya angka kecelakaan dan kemacetan.
  2. Road barrier mampu mencegah pengendara nakal yang ingin memasuki jalur yang berlawanan.
  3. Road barrier beton bisa juga digunakan sebagai perlindungan untuk menjaga keamanan di sekitar area pemerintahan, bangunan bersejarah, dan bandara.

Kelebihan dan Kekurangan Road Barrier Beton

Beberapa kelebihan road barrier beton adalah sebagai berikut :
  • Lebih Kuat
Dibanding dengan road barrier plastik, tentu saja road barrier beton jauh lebih kuat. Dengan kuatnya material beton, konstruksi tidak akan mudah rusak atau bergeser saat terjadi kecelakaan.
  • Lebih Awet
Road barrier beton memiliki umur yang lebih lama dibandingkan dengan jenis lainnya, yaitu sekitar 25 tahun, atau 2 kali lipat umur road barrier baja.
  • Lebih Aman
Keselamatan merupakan hal terpenting dalam berkendara, dan road barrier beton adalah pilihan paling ideal menjaga keamanan lalu lintas secara efektif dan efisien. Dilihat dari keselamatan lalu lintas, road barrier beton dinilai lebih aman, karena spesifikasinya lebih kuat dan dapat menahan beban kendaraan hingga 13 ton. Selain itu, road barrier beton selalu dikembangkan dan diuji mutu beton supaya dapat mencegah kecelakaan yang paling berbahaya yang mungkin terjadi.
  • Perbaikan Lebih Mudah
Apabila terjadi kecelakaan atau kerusakan pada konstruksi, perbaikannya lebih mudah karena hanya tinggal mengganti bagian yang rusak.

Kekurangan Road Barrier Beton

Sedangkan kekurangan road barrier beton adalah sebagai berikut :
  • Lebih Berat dan Membutuhkan Biaya Transportasi Lebih Mahal
Road barrier beton memang memiliki massa yang jauh lebih berat dibandingkan dengan jenis lainnya. Hal ini menjadikan pembatas yang terbuat dari beton cenderung lebih sulit dipindahkan dan membutuhkan banyak tenaga kerja.
  • Lebih Mahal
Dibandingkan dengan harga bahan untuk pencetakan road barrier beton, road barrier jenis beton ini memiliki harga yang lebih mahal. Selain itu, dengan bobotnya yang sangat berat, biaya untuk untuk mengangkut bahan ke lokasi proyek juga semakin mahal.
  • Tidak ada pilihan warna
Berbeda dengan road barrier plastik yang tersedia dengan berbagai warna seperti oranye ataupun merah, road barrier beton hanya dibuat seragam dengan satu warna. Hal ini mungkin karena nilai estetika yang tidak terlalu penting dan malah akan mengganggu konsentrasi pengemudi jalan.

Harga Road Barrier Beton & Concrete Barrier

Road barrier beton tersedia dalam berbagai ukuran sehingga menimbulkan perbedaan harga untuk setiap ukurannya. Tentu saja semakin besar ukurannya, maka akan semakin tinggi harga yang di perjualbelikan. Selain itu, tiap perusahaan yang menyediakan road barrier beton ini juga menawarkan harga yang berbeda-beda berikut jarak pengirimannya.

Apabila dilakukan pembelian dalam jumlah besar tentunya harga jenis beton pracetak ini tidaklah terlalu mahal. Apalagi kebutuhannya pun selalu banyak untuk dibariskan di sepanjang jalan, sehingga mempengaruhi harga yang juga semakin terjangkau.
 
sumber: https://www.pengadaan.web.id/2019/03/road-barrier-beton.html

 

Share Post :