Mengenal Pakan Ikan Nila

  • Dinas Perikanan Kabupaten Buleleng
  • 13 Juni 2019
  • Dibaca: 67 Pengunjung

Untuk mendapatkan hasil panen yang baik, tentu saja ada beberapa faktor yang sangat berpengaruh di dalamnya. Hal yang paling penting adalah pakan. Dalam satu periode produksi, pakan dapat memegang kendali dari biaya produksi mencapai 60—70%. Bahkan, ada yang mengatakan sampai  80%. Langkah tepat dalam efisiensi pakan perlu mendapat perhatian.

Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa tanpa pakan, pembesaran ikan tidak dapat berjalan. Hal itu berkaitan dengan fungsi pakan sebagai sumber energi serta materi bagi kehiupan dan pertumbuhan ikan. Jadi, jika ikan tidak makan, tentu saja tidak akan ada pertumbuhan. Menurut Elliot (1979), pakan dapat mempengaruhi laju pertumbuhan, produksi, kesehatan, kelangsungan hidup, dan reproduksi ikan.

Kontribusi efisiensi pakan tidak hanya berkaitan dengan jenis, bahan baku, serta nutrisi yang dikandungnya. Hal itu juga terletak pada pemanfaatannya menjadi daging atau energi untuk tumbuh dan sangat tergantung pada kemampuan genetik ikan dalam memanfaatkan pakan tersebut. Kompetisi antarindividu yang berkaitan dengan kemampuan daya dukung lahan dan faktor lainnya yang berpengaruh pada efisiensi pakan juga dapat menghemat biaya. Dengan demikian, keuntungan dapat ditingkatkan.

Selain itu, jumlah pakan yang digunakan berkaitan juga dengan waktu pemeliharaan. Sering kali penambahan waktu pemeliharaan setara dengan peningkatan jumlah pakan yang diberikan. Namun, sering juga terjadi ketidakseimbangan dengan pertumbuhan ikan itu sendiri.

Sumber : https://www.pertanianku.com/mengenal-pakan-ikan-nila/

Share Post :