HADIAH STIMULAN UNTUK BALITA

  • Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng
  • 15 Maret 2019
  • Dibaca: 114 Pengunjung

Bermain merupakan hak anak, dan ini sama pentingnya dengan pendidikan itu sendiri. Bermain yang melibatkan interaksi akan merangsang pola pikir anak, juga melatih kecerdasan emosi mereka. Sejalan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh departemen gizi Masyarakat, Fakultas ekologi Manusia (FeMa), Institut Pertanian Bogor yang melibatkan lebih dari 2.300 responden di 22 kota tentang pengaruh pola asuh ibu yang berdampak pada kualitas gizi dan kemampuan anak.

Untuk pertumbuhan fisik dan gizi yang tepat, salah satunya solusi adalah melalui kebaikan susu untuk mendukung tumbuh-kembang batita. Selain gizi, permainan stimulasi dan mainan juga penting diberikan guna tumbuh-kembang anak yang optimal. Salah satu bentuk stimulan yang baik untuk mengembangkan aspek motorik halus dan kasar seorang anak adalah dengan memberikan permainan edukatif, misalnya permainan mengenal warna, bentuk, dan sebagainya.

Usia 1 - 5 tahun merupakan usia penting dimana stimulasi anak yang terjadi sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya di kemudian hari. Maka dari itu Nestlé DANCOW Batita menghadirkan inovasi baru Nutri TAT yaitu nutrisi yang diformulasikan khusus untuk mendukung Tumbuh-Aktif-Tanggap si Kecil di usia 1 tahun keatas. TAT merupakan 3 tanda yang dapat mempermudah ibu untuk dapat memantau tumbuh kembang anak. Nestlé DANCOW Batita membantu masyarakat Indonesia, khususnya kelas menengah ke bawah dalam memenuhi kebutuhan nutrisi para anak berusia 1 – 3 tahun pada masa periode emas tumbuh kembang anak.

Mengatasi gizi buruk yang terjadi pada anak balita merupakan pekerjaan rumah bagi pemerintah untuk menanggulanginya. Karena itu, keberadaan posyandu pun dirasa penting bagi tumbuh kembang anak. Posyandu merupakan salah satu bentuk community empowerment, dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat. Umumnya anak yang sering dibawa ke Posyandu memiliki peluang lebih besar untuk berstatus gizi baik. Ini karena tumbuh kembangnya lebih terpantau dengan baik, maka membawa anak ke Posyandu dengan teratur tidak hanya membuat anak mendapatkan imunisasi lengkap, namun status gizi juga akan lebih baik.

Program Posyandu Peduli Tumbuh Aktif Tanggap (TAT) merupakan salah satu upaya revitalisasi dalam menumbuhkan dan mengembangkan kemandirian masyarakat untuk meningkatkan kualitas kesehatan balita dalam hal tumbuh, aktif, dan tanggap. Kegiatan ini menunjukkan komitmen dan kepedulian Nestlé DANCOW Batita terhadap perkembangan anak-anak serta Posyandu di Indonesia.

Kegiatan yang merupakan kerjasama PKK Pusat dengan PT. Nestle Inddonesia ini dilakukan dengan cara memberikan edukasi dan pelatihan kepada para kader untuk kemudian melakukan penyuluhan kepada ibu-ibu menggunakan tiga tanda TAT (Tumbuh, Aktif, Tanggap).

Untuk meningkatkan pemberdayaan diperlukan peranan Ibu yang konsisten, melibatkan tokoh masyarakat dan sosialiasi secara terus menerus pentingnya Posyandu Peduli Tumbuh Aktif Tanggap. Pemberdayaan masyarakat ini mengajak masyarakat Indonesia untuk melakukan pendekatan yang bersahabat, dengarkanlah yang dibutuhkan, rangkul dan ajak mereka untuk bersama-sama datang ke Posyandu Tumbuh Aktif Tanggap dan menjadi bagian dari revitalisasi Posyandu Indonesia.

 TUJUAN

 

  1. Membantu meningkatkan pola asuh anak melalui kader Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu).
  2. Pentingnya peranan Posyandu sebagai ujung tombak dalam membantu memantau terlaksananya tumbuh-kembang anak yang optimal di Indonesia.
  3. Membantu mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat.
  4. Melanjutkan kegiatan Dancow BatitaTumbuh, Aktif & Tanggap untuk meraih sasaran utama dari Dancow Batita yaitu ibu dengan anak berusia 1 – 3 tahun.
  5. Menggerakkan kembali dan mengoptimalkan peran kader posyandu untuk menciptakan Batita Tumbuh, Aktif & Tanggap.
  6. Meningkatkan kinerja para kader Posyandu dengan meningkatkan pengetahuan terhadap aspek tumbuh-kembang anak sehingga dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Ditulis oleh : Ni Made Suaryani a.Md.KL (Puskesmas Tejakula I)

Share Post :