Ada Banyak Manfaat Menggambar bagi Anak Usia Dini

  • Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng
  • 20 Desember 2017
  • Dibaca: 7855 Pengunjung

Jangan sepelekan kegiatan menggambar dan mewarnai bagi anak-anak usia dini. Bagi sebagian orang tua, kegiatan menggambar dan mewarnai mungkin agak diabaikan dan mereka lebih fokus pada kegiatan membaca dan berhitung. Alasannya, membaca dan berhitung lebih jelas manfaatnya bagi masa depan anak, terutama dari sisi akademik.

Padahal, ada banyak manfaat menggambar dan mewarnai bagi anak-anak yang akan menunjang potensi akademik dan non akademik anak di masa dewasanya.

Dikumpulkan dari berbagai sumber, yuk kita intip, apa saja sih manfaat menggambar dan mewarnai bagi anak-anak.

 

Sebagai media berekspresi

Seperti halnya orang dewasa, aktifitas menggambar dan mewarnai bidang kosong merupakan cara bagi si kecil untuk mengungkapkan perasaaan dirinya, seperti perasan gembira, sedih, dan sebagainya.

 

Membantu mengenal perbedaan warna

Kegiatan mewarnai, dengan menggunakan sipdol, krayon, pensil warna atau pastel sejak dini dapat membantu anak mengenal warna, sehingga mereka dapat membedakan antara warna yang satu dengan warna lainnya.

 

Warna merupakan media terapi

Kegiatan mewarnai bisa jadi media terapi bagi orang tua untuk membaca mengetahui sifat dasar anak. Sebagai contoh, jika si kecil mewarnai dengan cara menorehkan garis-garis teratur pada gambar menunjukan bahwa si kecil memiliki kecenderungan gaya hidup teratur. Mewarnai juga menjadi alat terapi untuk meringankan stres pada si kecil setelah lelah seharian beraktifitas.

 

Stimulus otak kanan

Kegiatan menggambar mampu mengstimulus otak kiri dan kanan secara seimbang. Bila otak kiri membuat anak lebih realistis, practical, dan analytical, sedangkan otak kanan memubuat anak lebih punya empati, dan intuisi.

 

Melatih menggenggam pensil

Memegan krayon atau pensil warna adalah benda pertama yang digenggamnya sebelum mereka menggenggam pensil. Saat mewarnai dengan krayon itulah pertama kali si kecil belajar menggengam dan mengontrol pensil di tangannya. Kemampuan tersebut yang nantinya akan membantunya dalam menulis saat si kecil menempuh pendidikan di sekolah.

 

Melatih kemampuan koordinasi

Kegiatan mewarnai memerlukan koordinasi yang bagus antara mata dan tangan, mulai dari bagaimana cara yang tepat menggenggam krayon, hingga memilih warna dan menajamkan krayon. Kemampuan dasar berkordinasi inilah yang dapat mengembangkan kemampuan dasar si kecil hingga mereka besar nanti.

 

Mengembangkan kemampuan motorik

Kegiatan mewarnai dapat membantu meningkatkan kinerja otot tangan sekaligus mengembangkan kemampuan motorik anak.

 

Meningkatkan konsentrasi

Kegiatan mewarnai dapat melatih konsentrasi si kecil untuk tetap fokus pada pekerjaan yang dilakukannya meskipun banyak aktifitas lain yang terjadi di sekelilingnya.

 

Melatih mengenal garis batas bidang

Mengenal batas bidang gambar merupakan manfaat lain dari aktifitas mewarnai. Membiasakan anak belajar mewarnai sejak kecil akan melatihnya lebih peka terhadap batasan garis sejak dini.

 

Mewarnai melatih membuat target

Proses mewarnai membutuhkan satu target yaitu berhasil mewarnai seluruh bidang gambar yang tersedia. Dengan melakukan aktifitas mewarnai sejak dini si kecil akan belajar untuk meyelesaikan tugas yang dihadapinya alias bertanggung jawab pada pekerjaan.

 

Cepat membaca

Kemampuan menggambar bisa menjadi indikator terhadap berkembangnya kemampuan anak dalam membaca. Jadi bila anak diajarkan menggambar sejak dini, maka ia akan mudah untuk belajar membaca.

 

Melatih kreativitas anak

Dengan menggambar, anak akan menggunakan daya imajinasinya untuk menciptakan suatu bentuk yang ia inginkan. Mereka akan terus berpikir kreatif menciptakan berbagai macam gambar sesuai imajinasinya. Jika ini dilakukan terus-menerus, kreativitas anak akan semakin terasah.

 

Melatih kesabaran
Seorang anak akan berlatih sabar karena terlebih dahulu harus membuat gambar, mewarnainya dengan aturan tidak boleh keluar garis gambar yang sudah dibuat, kemudian memikirkan perpaduan warna yang elok, dan pada akhirnya harus menyelesaikan mewarnai hingga apik. 

Melatih ketelitian dan sikap hati-hati
Anak mendapatkan kesempatan untuk belajar teliti dan hati-hati pada saat mewarnai sebuah gambar.

 

Melatih kepekaan mengamati lingkungan sekitar
Menggambar dan mewarnai juga melatih kemampuan anak untuk sebaik mungkin belajar mengamati apa yang ada di lingkungan sekitarnya. ( Yanuar Jatnika/ Berbagai sumber)

Share Post :