Ikuti Kami

Cegah Potensi Penyebaran Covid-19, Pemkab Buleleng Segera Terapkan PeduliLindungi di Perkantoran

Admin bulelengkab | 15 September 2021 | 322 kali

Setelah sekian lama ditunggu, akhirnya aplikasi PeduliLindungi hadir di Kabupaten Buleleng. Aplikasi yang bermanfaat untuk melindungi masyarakat dari potensi paparan Covid-19 itu implementasinya dipersiapkan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng.

 

Implementasinya untuk saat ini akan menyasar lingkungan perkantoran di Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng sebagai langkah pertama, setelah itu akan disusul pada tempat-tempat umum lainnya. 

 

Demikian diungkapkan oleh Kepala Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng Ketut Suwarmawan ditemui di ruang kerjanya pada Rabu, (15/9).

 

Lebih lanjut, Suwarmawan menjelaskan lingkungan perkantoran di Lingkup Pemkab Buleleng nantinya akan dilengkapi dengan fitur Quick Response (QR) Code untuk melakukan verifikasi terhadap kelengkapan vaksinasi Covid-19 dari masing-masing pegawai maupun pengunjung kantor. 

 

Nantinya para pegawai maupun pengunjung kantor akan diwajibkan untuk melakukan scan QR Code sebelum diiziinkan memasuki area kantor.

 

Melalui fitur itu orang yang belum dilengkapi vaksinasi Covid-19 yang memadai akan tersaring sehingga dapat mencegah potensi penyebaran Covid-19.

 

“Tujuannya adalah untuk mencegah penyebaran Covid-19 dari orang-orang yang berpotensi menularkan. Inilah fungsi dari aplikasi PeduliLindungi,” jelasnya.

 

Terkait progressnya, Suwarmawan menyebutkan hingga hari ini pihaknya sudah mendaftarkan 48 perangkat daerah sudah didaftarkan dengan 96 titik scan barcode.

 

“Dari sekian titik yang sudah kita daftarkan, itu sudah ada sebanyak 39 yang sudah mendapatkan QR Code,” imbuh Suwarmawan.

 

Selain lingkungan perkantoran di Pemkab Buleleng, nanti pihaknya juga akan mewajibkan penerapan Aplikasi PeduliLindungi pada sejumlah tempat-tempat umum seperti supermarket, tempat wisata, dan fasilitas umum lainnya. 

 

Melalui langkah tersebut, diharapkan masyarakat Buleleng dapat melindungi diri dari paparan Covid-19 saat bepergian ke tempat umum.

 

Disinggung terkait keamanan data dalam aplikasi PeduliLindungi, mantan Kabag Prokom Setda Kab. Buleleng itu menjelaskan aplikasi PeduliLindungi telah terjamin keamanan datanya, hal tersebut telah disampaikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

 

“Yang penting kita masuk melalui hape kita sendiri, dan jangan berikan ID kita kepada orang lain,” tandasnya. (can)