Ikuti Kami

Jelang Pemilu, KPU Buleleng Gelar Rakor Bakohumas

Admin bulelengkab | 18 Mei 2021 | 322 kali

Peran hubungan masyarakat (humas) dalam sebuah institusi/lembaga sangatlah penting dalam menyampaikan informasi kepada publik atau masyarakat. Khusus dalam perhelatan pemilihan umum (Pemilu) maupun pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak ditahun 2024 nanti, informasi  yang valid tentang kepemiluan harus selalu hadir di tengah masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng Komang Dudhi Udiyana saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) di ruang rapat KPU Buleleng, Selasa (18/5).

 

Lebih jauh dipaparkan oleh Dudhi, maraknya berita bohong atau hoax dan ujaran kebencian di tengah masyarakat sebagai akibat pengaruh sosial media yang merupakan tantangan besar bagi KPU. Untuk itu dibutuhkan sinergitas antar lembaga atau institusi terkait untuk menunjang suksesnya tahapan kepemiluan. "Koordinasi antar stakeholder dan lembaga dalam Bakohumas ini sangat dibutuhkan agar informasi, sosialisasi terkait tahapan pemilu, maupun kegiatan kepemiluan dapat diterima dengan baik. 

 

Ditambahkan oleh Dudhi, koordinasi di Bakohumas ini juga sebagai timbal balik terhadap informasi-informasi yang dapat diserap oleh KPU Buleleng agar dapat menyempurnakan kegiatan kepemiluan nantinya. 

 

Sementara itu Ketua Divisi Sosialisasi dan Partisipasi KPU Buleleng Gede Bandem Samudra menjelaskan Bakohumas dibentuk mulai dari KPU Pusat sampai Kabupaten/Kota untuk melakukan koordinasi dan kerjasama dengan instansi, stake holder dan lembaga pemerintah daerah dalam mengelola data/informasi, menyalurkan sesuai dengan undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). 

 

Senada dengan Ketua KPU Buleleng, tantangan Bakohumas yang dihadapi saat ini, ujar Gede Samudra adalah masyarakat cenderung mencari pembenaran daripada kebenaran, banyaknya hoax, ujaran kebencian. "Peran bakohumas ini sebagai  wadah dalam koordinasi/sosialisasi kepemiluan, menangkal hoax dan lain sebagainya," jelasnya. 

 

Dalam rakor tersebut hadir anggota Bakohumas KPU Buleleng yaitu unsur Polres dan Kodim 1609 Buleleng, Kejaksaan Negeri, Pengadilan, Bawaslu, FKUB, DPRD Buleleng, Disdukcapil, Diskominfosanti, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, BPBD, Badan Kesbangpol, Bagian Prokom Setda Buleleng, Undiksa, Unipas, Stah Mpu Kuturan, Majelis Madya Desa Pakraman, STKIP Agama Hindu dan KNPI Buleleng.(wd)