Logo
0362 - 21146
  • Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Buleleng
Senin Pon

Baca Artikel

Program Unggulan Diskanla Buleleng Sukses dan Raih Prestasi

Oleh : 1 | 07 Februari 2014 | Dibaca : 2137 Pengunjung

Berbagai program unggulan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng memberikan kontribusi yang signifikan kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng serta telah sukses meraih berbagai prestasi yang membanggakan di tahun 2013. Kadiskanla Kabupaten Buleleng, Ir. Nyoman Sutrisna saat ditemui Tim Kominfo di ruang kerjanya (4/2/14), menjelaskan bahwa  di tahun 2013 pemeritah pusat melalui Direktorat Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Kementerian Perikanan dan Kelautan RI, memberikan penghargaan tertinggi kepada Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng dalam bidang Percepatan Tata Kelola Kawasan Perairan Indonesia yang diterima langsung oleh Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng di Jakarta. Penghargaan tingkat nasional lainnya yang diterima Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng adalah Satuan Kerja Terbaik  Pertama (I) pada Penyusunan Laporan Keuangan Tahunan Tahun Anggaran 2013 yang baru diterima pada bulan Januari 2014.

Semua itu tidak terlepas dari keberhasilan program-program unggulan yang telah dilaksanakan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng di tahun 2013. Ada empat program unggulan yang telah dilaksankan Diskanla Buleleng, antara lain: Program di Bidang Budidaya Tangkap, Program di Bidang Budidaya Perikanan, Program di Bidang Pengolahan Hasil dan Pemasaran, dan Program di Bidang Konservasi dan Peningktan Sumber Daya Manusia.
Bidang Budidaya Tangkap, Diskanla Buleleng telah sukses meraih suatu program dari dari Kementerian Perikanan dan Kelautan RI yaitu di bidang Inkamina. Sesuai Inpres No. 1 Tahun 2000, bahwa presiden mempunyai program 1000 kapal dan Kabupaten Buleleng mendapat 3 (tiga) kapal Inkamina. Diharapkan dengan adanya kapal-kapal ini akan dapat meningkatkan produksi penangkapan ikan sehingga meningkatkan kesejahteraan nelayan. Selain itu ada PUM tangkap yang juga merupakan program bantuan Kementrian Perikanan dan Kelautan RI. PUM tangkap sudah diterima Diskanla Buleleng sejak tiga tahun lalu. Tiap Kelompok mendapat bantuan 100 juta. Tahun 2013 sebanyak 14 kelompok telah mendapatkan bantuan ini. Sementara di Bidang Budidaya Perikanan, sukses memperoleh  PUM bidang budidaya berupa bantuan dana kelompok budidaya perikanan. Dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2013 sudah ada 142 kelompok budidaya perikanan dan  program bantuan pusat ini dirasakan sangat signifikan. Ada juga kawasan mina politan yang terbagi menjadi dua kawasan yaitu di kawasan Gerokgak dan kawasan Sawan dan Kubutambahan. Konsepnya terintegrasi dengan sektor lainnya yaitu bidang budidaya tangkap, budidaya perikanan dan bidang pengolahan hasil dan pemasaran.
Di bidang pengolahan hasil dan pemasaran, Diskanla Buleleng meraih berbagai penghargaan baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun tingkat nasional yang diwakili oleh kelompok pengolahan Sari Luwih di Desa Tajun. Ada 18 olahan yang dilakukan oleh kelompok ini, diantaranya pengolahan ikan lele, presto lele, bakso, krupuk kulit dan lain-lain. Hasil olahan ini sudah dipromosikan baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat provinsi, juga melalui pasar kuliner yang ada di program Bali TV.
Yang tidak kalah penting dari ke empat program unggulan tersebut adalah program di Bidang Konservasi dan Peningkatan Sumber Daya Manusia. Diskanla Kabupaten Buleleng telah melaksanakan dan mengadopsi UU No 27 Tahun 2007 tentang pengelolaan pesisir dan pulau kecil yang sudah dilakukan di tiga kawasan yaitu kawasan barat, kawasan tengah dan kawasan timur. Penataan kawasan konservasi perairan telah dilaksanakan dengan membuat rencana strategis. Selain itu Sumber Daya Manusia merupakan hal yang sangat penting guna mensukseskan apa yang hendak dicapai. Untuk itu Diskanla Buleleng melakukannya dengan dua cara yaitu melaui petambak atau petani ikan dan dengan cara struktural. Melalui petambak yaitu dengan cara pengkawalan oleh penyuluh perikanan serta selalu dilakukanan monitoring dan evaluasi terhadap semua kegiatan yang dilakukan oleh petani atau petambak. Harapannya  apa yang menjadi petunjuk teknis dapat dilaksanakan dengan baik. Kemudian melalui struktural yaitu dengan memberikan pelatihan kepada penyuluh perikanan dan setiap bulan para penyuluh perikanan berkumpul pada kantor Diskanla untuk melakukan evaluasi, diskusi bersama serta melakukan inovasi teknologi dengan bimbingan dari kepala bidangnya.
Begitu banyak prestasi dan penghargaan yang telah diterima Diskanla Buleleng di tahun 2013. “Harapan kedepannya agar bisa lebih memotifasi untuk bekerja lebih baik lagi, lebih bergairah, serta lebih meningkatkan kualitas sehingga dapat memberikan kontribusi untuk pembangunan Kabupaten Buleleng terutama di sektor perikanan dan kelautan,” demikian yang disampaikan Kadiskanla Kab. Buleleng, Nyoman Sutrisna yang juga menjabat sebagai Kelian Desa Pakraman Buleleng. (Tim Kominfo/ Hery)


Oleh : 1 | 07 Februari 2014 | Dibaca : 2137 Pengunjung


Artikel Lainnya :

Lihat Arsip Artikel Lainnya :

 



dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG

dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG

Wakil Bupati






Video Galeri


Agenda Kegiatan


Kecamatan


Jajak Pendapat

Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Pemerintah Kabupaten Buleleng

    Res : 693 Responden