Peduli Lingkungan, Pelajar Bule Ikut Serta E-Darling dan Bank Sampah Kaliber.

  • Admin Bulelengkab
  • 22 November 2019
  • Dibaca: 382 Pengunjung

Ada pemandangan unik pada stand Edukasi Sadar Lingkungan (E-Darling) Kabupaten Buleleng. Tampak sekelompok bule menawarkan produk-produk kerajinan berbahan daur ulang sampah non-organik kepada para pengunjung Pasar Pangan Lokal yang diselenggarakan pada Jumat (22/11).

Terungkap kemudian ternyata sekelompok bule tersebut merupakan siswa dari Belanda yang tengah menjalani program pertukaran pelajar dan sekarang sedang menjadi relawan E-Darling dan Bank Sampah Kalibukbuk Bersih (Kaliber), hal tersebut diungkapkan oleh I Ketut Budiasa selaku ketua Bank Sampah Kaliber yang juga berada di stand.

"Dengan teman-teman pertukaran pelajar dari Belanda kita bekerjasama masalah pembersihan, selalu berpartisipasi ikut gotong royong, ikut dalam kegiatan apapun, Bali Resik besok kita akan ajak juga untuk datang" jelas Budiasa

Selain berkegiatan di E-Darling, Budiasa mengungkapkan para siswa Belanda tersebut juga turut aktif di Bank Sampah Kaliber sebagai pengajar dalam program Les Tukar Sampah

"Bagaimana sih sistem pendidikan yang ada di Belanda dicoba ditularkan di Bank Sampah Kaliber" jelas Budiasa

Senada dengan Budiasa, Lorenzo Pereira yang merupakan salah satu dari siswa pelajar menjelaskan dirinya mengajar pelajaran Bahasa Inggris kepada siswa-siswi di Les Tukar Sampah.

"Kami mengajar Bahasa Inggris lalu menyanyi, pada hari Sabtu dan Minggu di Lovina" jelasnya.

Disinggung terkait motivasinya ikut E-Darling dan Bank Sampah Kaliber, Lorenzo menjelaskan dirinya tergugah setelah melihat kondisi lingkungan di Bali dan ingin turut berkontribusi untuk membuatnya lebih baik.

"Karena sampah plastik di Bali sangat merusak lingkungan, kita harus mengambil tindakan atas itu. E-Darling adalah organisasi yang baik untuk itu" pungkasnya (cnd)



Share Post :