PASRAJA KE-IV TAHUN 2019 RESMI DIBUKA BUPATI PAS

  • Admin Bulelengkab
  • 04 September 2019
  • Dibaca: 188 Pengunjung

Pagelaran Seni Dan Budaya Rakyat Banjar (Pasraja) tahun 2019 dengan tema “Manik Segara” yang mempresentasikan potensi bahari serta menjaga eksistensi seni budaya sebagai identitas dan jati diri dibuka secara resmi oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST di Pantai Kaliasem Lovina, Selasa, 3/9.


Dalam sambutannya Bupati yang akrab disapa PAS ini mengungkapkan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng menyelenggarakan festival di kecamatan adalah ingin mengajak masyarakat untuk melihat kebelakang, bagaimana strategi leluhur kita untuk melestarikan seni budaya dengan menggelar upacara yadnya yang melibatkan seni budaya sebagai salah satu hal yang wajib untuk di gelar.

Bupati PAS menambahkan tujuan khusus dari pagelaran ini yaitu mempromosikan potensi daerah, berupa potensi pariwisata, potensi seni budaya, dan potensi ekonomi kreatif yang bisa dikembangkan selain menghibur masyarakat yang pada akhirnya berharap dapat memberikan kesejahtraan untuk kita semua.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Camat Banjar Ketut Darmawan, dalam laporannya Darmawan menjelaskan tahun ini pihaknya merubah konsep acara dan tempat pelaksanaannya, dimana sebelumnya hanya menyasar masyarakat sebagai hiburan rakyat, dan tahun ini pihaknya mencoba mengembangkan menjadi promosi wisata daerah dan desa.

"Pada Pasraja 2019 kami menampilkan pameran atau promosi dengan zona wilayah yang mempunyai karakter dan ciri masing-masing, yaitu zona Banjar Bawah, zona Banjar Tengah, dan zona Banjar Atas, dan di panggung utama akan dipentaskan pagelaran seni budaya tradisional, seni modern dan beberapa bintang tamu" tutur Darmawan.

Untuk diketahui Pasraja ini diselenggarakan selama 5 hari dari tanggal 3 sampai dengan 7 September 2019.

Turut hadir dalam pembukaan pagelaran ini Wakil Bupati Buleleng, Ketua DPRD Buleleng, para Pimpinan OPD Buleleng, para Camat se-Kabupaten Buleleng, Ketua TP PKK Buleleng Majelis Madya Buleleng, Majelis Alit Desa Pakraman Kecamatan Banjar, tokoh Masyarakat Banjar dan undangan lainnya. (wdi)


Share Post :