Monev Badan Publik, KI Bali Visitasi ke Kabupaten Buleleng

  • Admin Bulelengkab
  • 11 September 2019
  • Dibaca: 224 Pengunjung

Dalam rangka Pemeringkatan Badan Publik terkait keterbukaan pelayanan informasi, Komisi Informasi (KI) Bali melakukan visitasi (kunjungan) ke Kabupaten Buleleng Bertempat di Ruang Rapat Unit IV Kantor Bupati Buleleng, Rabu, (11/9) 

Dalam pembukaan visitasi tersebut Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Buleleng Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si menyampaikan kepada peserta monitoring dan evaluasi (monev) yang saat ini dikunjungan (visitasi) oleh Komisi Informasi (KI) Bali ke Kabupaten Buleleng yang diikuti 5 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 7 Desa Se-Kabupaten Buleleng agar pelayanan informasi kepada publik lebih mudah, cepat, terbuka dan sesuai amanat Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008. Hal ini merupakan tujuan utama dari monev tahun 2019.

Dalam kunjungannya pihak KI Bali melakukan verifikasi, klarifikasi data data yang sudah dikirim terkait pelayanan, pengelolaan dan keterbukaan informasi publik yang sudah terdokumentasi sebagai fungsi dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Sementara itu, Ketua KI Bali I Gede Agus Astapa ditemui usai acara mengatakan terkait dengan layanan informasi publik, dimana badan-badan publik dapat memberikan informasi secara benar sesuai Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik. Dengan evaluasi ini akan dilakukan penilaian terkait layanan informasi oleh badan publik khususnya OPD dan Desa yang nantinya akan diumumkan pada tgl 3 Oktober 2019.

"Kegiatan itu dilakukan setiap tahun dan yang sekarang ini sudah ke empat kalinya".imbuh Agus Astapa.

"Adapun aspek-aspek yang harus dilakukan yang pertama kepatuhan kepada undang-undang, simulasi pengajuan informasi, membuat permohonan layanan informasi bulanan"jelas Agus yang berasal dari Banyuatis.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfosandi Kabupaten Buleleng Made Suharta,S.Kom,MAP menyampaikan dari 12 badan publik yang dinilai diketahui dimana nantinya kandidat yang akan mendapatkan penilaian lebih, diharapkan wakil-wakil Buleleng yang sudah siap dalam hal pelayanan informasi publik bisa mendapatkan peringkat dalam pelayanan informasi.

Untuk diketahui ada 5 OPD meliputi dari Dinas Kebudayaan Buleleng, Badan Keuangan Daerah Buleleng, Bappedalitbang Buleleng, Dinas Kesehatan Buleleng dan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPP-PA) Buleleng dan 7 Desa yang meliputi Desa Pejarakan, Desa Petemon, Desa Menyali, Desa Bondalem, Desa Munduk, Desa Sumberkima, dan Desa Alasangker.

Turut hadir mendampangi KI Bali yaitu Sekretaris Dinas Kominfosandi Made Suharta, S.Kom,MAP, Kabid Pengelola Komunikasi Publik Satriya Koesuma, SH para Komisioner KI Bali, Sekretaris OPD dan Sekdes yang menjadi peserta serta operatornya. (wir-widi)


Share Post :