Cegah Stunting, Disdikpora Selenggarakan Bimtek

  • Admin Bulelengkab
  • 17 Oktober 2019
  • Dibaca: 347 Pengunjung

Guna menanggulangi angka stunting di Kabupaten Buleleng, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendidikan Keluarga Dalam Rangka Penurunan Angka Stunting yang diselenggarakan selama 2 hari. Bimtek yang melibatkan 400 orang peserta dari unsur PKK, desa lokus stunting, dan pendidik usia dini tersebut menghadirkan narasumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI serta Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng. Sedangkan dari pihak Pemkab Buleleng hadir Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Buleleng Gede Suyasa membuka Bimtek yang diselenggarakan di Gedung Laksmi Graha Singaraja pada Kamis (17/10) tersebut.

Pada kesempatan itu, Asisten Suyasa menegaskan stunting harus dicegah karena yang menjadi korban merupakan anak-anak generasi penerus bangsa. "Oleh karena itu stunting harus dicegah, supaya setiap tahun makin menurun dan bisa sampai di angka yang sangat bisa ditoleransi" tegasnya.

Maka dari itu, Asisten Suyasa menjelaskan bimtek yang diselenggarakan kali ini adalah kegiatan yang sangat diperlukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pencegahan stunting "Dengan memahami gizi, kebutuhan gizinya, waktu pemberiannya. Maka akan melahirkan anak-anak yang kuat, yang sehat, yang cerdas" jelasnya.

Disinggung terkait angka stunting di Kabupaten Buleleng, Asisten Suyasa menyebutkan ada penurunan yang cukup signifikan, terlihat dari tahun 2013 yang mencapai angka 35,66%, sedangkan kini telah turun ke angka 20,05 %. 

"Berarti ada program-program yang sudah berjalan secara intensif di masing-masing SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah)" pungkasnya.

Sementara itu, Suradi selaku Kepala Seksi Pendampingan Pembelajaran Orang Tua Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menjadi narasumber pada bimtek kali ini menjelaskan pihaknya senantiasa mengarahkan pemerintah daerah dalam pengentasan stunting 

"Dari (pemerintah) pusat kami menghimbau kepada pemerintah daerah untuk mengentaskan stunting secara berkesinambungan" jelasnya.

Maka dari itu, Suradi mengungkapkan dirinya hadir pada bimtek untuk memberikan materi terkait metode pengasuhan anak pada usia 1000 hari pertamanya kepada peserta lengkap dengan modul materi dan penerapan implementasinya. (cnd)


Share Post :