BUPATI PAS PERINGATI HUT PROPINSI BALI KE-61 DAN HARI JADI PRAMUKA KE 58 TAHUN 2019 DI HALAMAN KANTOR BUPATI BULELENG

  • Admin Bulelengkab
  • 14 Agustus 2019
  • Dibaca: 181 Pengunjung

Apel Bendera dalam HUT Propinsi Bali ke 61 tahun dan dirangkaikan peringatan hari jadi Pramuka ke 58 tahun dipimpin oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST sebagai Pembina Upacara.Para peserta seragam memakai pakaian adat Bali madya baju putih dan memakai selendang merah untuk yang perempuan,ini sangat berbeda dengan apel-apel tahun lalu yang  bertempat di Halaman Kantor Bupati Buleleng, Rabu, 14/8.
Hal ini sesuai dengan peraturan Gubernur Bali  Nomor 79 tahun 2018 tentang penggunaan busana adat Bali dan peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang perlindungan dan penggunaan bahasa, aksara dan sastra Bali yang dibacakan dalam sambutan Gubernur Bali oleh Pembina Apel. Tujuan dari peraturan tersebut adalah untuk melestarikan seni dan budaya bali yang adi luhung, serta memperkuat identitas dan jati diri krama Bali.
Usai ditemui setelah apel , Bupati Buleleng mengatakan upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Propinsi Bali melalui program Nangun Sat Kerthi Loka atau Pola Nasional Semesta Berencana Bali ini merupakan momentum baru yaitu dengan satu kelola dan pola yang baik akan terjadi keseimbangan pembangunan daerah di Bali kedepannya, melalui pembangunan aksesiblitas, konektifitas seperti pembangunan Shortcut guna mempercepat tingkat penyebaran kesejahteraan diseluruh Bali khususnya di Buleleng.
Ditanyakan terkait HUT Pramuka di Buleleng,Bupati yang akrab disapa PAS ini “Bahwa gerakan pramuka di Buleleng yang paling eksis di Bali, pembinaan sudah dilakukan secara berjenjang dan dilakukan dengan cukup baik  dan dengan Dasa Dharma Pramuka sudah mendidik etika untuk menjadi insan yang berguna”pungkasnya.
Hal senada juga diakui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng Ir. Dewa Ketut Puspaka,MP, bahwa gerakan pramuka sudah diperintahkan oleh undang-undang untuk menanamkan nilai kepramukaan disetiap jiwa masyarakat bukan dikalangan pramuka saja, khusus  di Buleleng,Pemkab Buleleng mengemban tugas untuk mentradisikan pramuka dari tingkat cabang sampai gugus depan semua disentuh untuk membangun karakter dimasyarakat.”Penguatan organisasi pramuka ini sudah berjalan cukup baik ditingkat cabang dan ranting bahkan dibuleleng sudah dikukuhkan gugus depan pramuka ini di pondok pesantren beberapa waktu  lalu  dan harapannya kedepan SDM pramuka terus ditingkatkan Indonesia Maju“pungkasnya.
Turut hadir  dalam apel tersebut Wakil Bupati Buleleng  Forum Kordinasi  Pimpinan Daerah, Ketua DPRD, para Pimpinan OPD, Kepala SPN ,Kepala SECATA Rindam IX Udayana,Kepala Yonif  900 Raider, pimpinan BUMD.(wdi)


Share Post :