Bupati PAS dukung Pengajuan Alas Mertajati menjadi Hutan Adat Catur Desa

  • Admin Bulelengkab
  • 05 November 2019
  • Dibaca: 1033 Pengunjung

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana menyatakan dukungan penuh terhadap upaya warga Catur Desa Adat Dalem Tamblingan untuk mengajukan areal Alas Mertajati Tamblingan sebagai hutan adat melalui pemetaan partisipatif. Hal tersebut terungkap dalam audiensi dengan Tim Sembilan Catur Desa Adat Dalem Tamblingan pada Selasa (5/11) bertempat di Rumah Jabatan Bupati Buleleng.

Menanggapi pengajuan tersebut, Bupati yang akrab disapa PAS itu mengaku optimis dapat menguatkan perlindungan terhadap hutan tersebut.

"Kan ini bagus ya, karena selama ini juga hutan itu terus dilindungi (oleh pemerintah). Kalau masyarakat ikut melindungi, apalagi ada pararem desa kan lebih kuat kekuatan hukumnya," jelasnya.

Sebagai tindak lanjut, Bupati PAS mengatakan pihaknya akan mengkaji dasar hukumnya terlebih dahulu sebelum pengajuan tersebut disetujui secara sah olehnya.

Sementara terkait dasar hukum pengajuan hutan adat tersebut, Jero Putu Ardana selaku Ketua Tim Sembilan Catur Desa Adat Dalem Tamblingan mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan segala dasar hukum yang diperlukan.

"Kajian akademisnya sudah kita punya, kesejarahannya seperti apa, kenapa kita mengajukan hutan itu sebagai hutan adat sejarahnya apa, kita (sudah) jelas semua" ungkapnya.

Setelah persetujuan Bupati, Ardana mengatakan pihaknya akan melanjutkan pengajuan pemetaan partisipatif tersebut ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. (cnd)


Share Post :