BIDAN DELIMA DIKUKUHKAN WAKIL BUPATI MINTA KOMITMEN

  • Admin Bulelengkab
  • 13 Agustus 2019
  • Dibaca: 135 Pengunjung

Guna menurunkan angka kematian anak dan ibu melahirkan, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) menggelar Pengukuhan Bidan Delima dan Musyawarah Cabang (Muscab) Buleleng IBI ke IX yang bertemakan” Bidan Garda Terdepan Mengawal Kesehatan Maternal Neonatal Melalui Gerakan Masyarakat Pelayanan Berkualitas” bertempat di Hotel Banyualit Singaraja, 1/8.
Pada kesempatan itu Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra mengukuhkan 62 bidan delima yang tersebar di Kabupaten Buleleng.

Saat ditemui usai pengukuhan bidan delima, Wakil Bupati Buleleng yang juga berprofesi sebagi dokter spesialis kandungan ini mengatakan agar IBI mewujudkan komitmennya merapatkan barisan dalam pelayanan dibidang kesehatan ibu hamil, ibu melahirkan dan ibu bersalin serta bayi dan balita, karena permasalahan di Kabupaten Buleleng masih tingginya angka kematian ibu bersalin. "Untuk mengantisipasi permasalah tersebut, para bidan sebagai garda terdepan dalam pelayanan kesehatan ibu hamil, ibu bersalin, ibu menyusui serta kesehatan bayi dan balita harus meningkatkan kompetensinya” imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan Sekretaris IBI Kabupaten Buleleng Putu Agustini,S.S.T, dari 62 bidan delima yang dikukuhkan oleh Kepala Daerah, adalah mereka sudah memiliki pelayanan yang terstandar dan berkualitas serta sudah teruji kompetensinya baik dari sarana dan prasarana maupun ketrampilan yang dimiliki yang akan diperbaharui setiap 5 tahun sekali,sehingga akan berdampak pada penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir serta peningkatan pelayanan kesehatan ibu dan anak.
“Dari 700 bidan se-Kabupaten Buleleng ,308 bidan yang hadir dalam Muscab dan pengukuhan bidan delima ini tidak lain agar pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu”imbuhnya.

Sementara itu salah satu bidan delima yang bertugas di Puskesmas Tejakula II Putu Ayu Setiadnyani mengungkapkan bidan delima ini sudah sejak lama ada namun baru direvitalisasi tahun 2015. Harapannya kedepan, bidan delima sebagai garda terdepan secara professional dalam pelayanan kesehatan harus mengupdate ilmu dan ketramplilan dalam peningkatan kualitas pelayanan.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut beberapa pimpinan OPD,direktur rumah sakit swasta se-Kabupaten Buleleng,Ketua Pengurus Cabang IBI Propinsi Bali,Ketua WHDI Kabupaten Buleleng dan seluruh kepala puskesmas se-Kabupaten Buleleng.(wdi)


Share Post :