Zooplankton, Pakan Alami Potensial untuk Ikan dan Udang

  • Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng
  • 01 September 2020

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada saat ini sedang gencar melakukan peningkatan produksi perikanan budidaya. Hal tersebut membuat kebutuhan pakan untuk pembesaran ataupun pembenihan ikan dan udang meningkat. Zooplankton merupakan pakan alami yang sangat berpotensial digunakan oleh para pembudidaya. 

Pakan alami sangat esensial untuk digunakan dalam pembenihan agar menghasilkan benih yang baik dan berkualitas. Melihat peluang tersebut, KKP menggelar webinar yang bertajuk “Zooplankton Potensial untuk Pakan Ikan dan Udang”.

“Dalam webinar ini kita hadirkan para pakar untuk dapat berbagi ilmu berbudidaya pakan alami seperti phronuma, artemia maupun moina dengan harapan semakin banyak pelaku usaha budidaya, khususnya pelaku usaha pembenihan yang dapat mengaplikasikan kegiatan budidaya pakan alami untuk meningkatkan margin pendapatan.

Webinar yang digelar oleh KKP diikuti oleh 3.200 peserta yang memiliki latar belakang berbeda, seperti akademisi, praktisi, peneliti, penggiat, penyuluh, dan pelaku usaha.

“Meningkatnya kebutuhan akan pakan alami berbanding lurus dengan produksi perikanan budidaya yang terus mengalami peningkatan setiap tahun. Kebutuhan yang besar ini menjadi sebuah peluang yang harus dimaksimalkan oleh produsen dalam negeri untuk dapat membangun industri pakan alami agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut,” papar Slamet. 

KKP sudah menyiapkan lokasi di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur yang bisa digunakan untuk mewujudkan industrialisasi pakan alami dalam negeri. Dengan sistem industrialisasi, diharapkan pakan alami bisa tersedia terus-menerus dengan kuantitas dan kualitas yang lebih terjamin.

Direktur Pakan dan Obat Ikan KKP, Mimid Abdul Hamid, menjelaskan bahwa pakan ikan alami merupakan hal mutlak yang harus dipersiapkan karena pakan berperan sebagai “fondasi” bagi ikan dan udang di masa awal kehidupannya agar bisa tumbuh kuat dan menghasilkan panen yang melimpah. 

Pakan alami memiliki banyak kelebihan, di antaranya kandungan protein yang tinggi, mengandung asam lemak tidak jenuh, mengandung vitamin C dan mineral, serta mengandung enzim dan pigmen yang bagus untuk ikan hias.

Mimid menjelaskan bahwa kebutuhan benih berkualitas yang meningkat, langsung berimbas pada kebutuhan pakan alami.

SUMBER : https://www.pertanianku.com/zooplankton-pakan-alami-potensial-untuk-ikan-dan-udang/

Share Post :